Mengenali Identitas Sejati Anda Menentukan Tanggung Jawab Anda

| Selasa, Desember 31, 2019 |

Ibrani 11:25 "Karena ia lebih suka menderita sengsara dengan umat Allah dari pada untuk sementara menikmati kesenangan dari dosa."

Kemarin kita berbicara tentang bagaimana dengan mengenal Tuhan membantu Anda untuk memahami identitas Anda. Hari ini kita akan melihat bahwa dengan mengetahui identitas Anda yang sejati akan membantu Anda menentukan tanggung jawab Anda. Itu membantu Anda memahami apa yang Tuhan harapkan dari Anda -- dan apa yang tidak.

Sudah lama saya tahu jika Tuhan tidak ingin saya menjadi penyanyi opera. Jika Anda mendengar saya bernyanyi, Anda akan tahu alasannya. Kelak, saat saya berdiri di hadapan Allah, Dia tidak akan menghakimi saya karena cara bernyanyi saya. Bernyanyi bukan karunia yang Ia berikan pada saya. Saya tidak diciptakan untuk menjadi seperti itu.

Kita sudah belajar tentang hidup Musa. Allah telah merancang peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam hidup Musa untuk mempersiapkan dia membebaskan bangsa Israel dari perbudakan Mesir. Allah telah merancang bahwa Musa akan dilahirkan sebagai budak namun kemudian akan dibesarkan sebagai seorang pangeran Mesir.

Ketika Musa mempelajari identitasnya yang dari Tuhan, tanggung jawabnya yang sebenarnya menjadi jelas. Dia tidak bisa lagi mengabaikan tangisan bangsanya yang menderita. Dia memilih untuk menerima tanggung jawab untuk membebaskan rakyatnya dari perbudakan.

Ibrani 11:25 mengatakannya seperti ini: "Karena ia lebih suka menderita sengsara dengan umat Allah dari pada untuk sementara menikmati kesenangan dari dosa."

Bagaimana dengan Anda? Ketika Anda mengenal Tuhan lebih baik, Anda juga mengenal diri Anda lebih baik. Ketika Anda mengenali diri Anda dengan lebih baik, maka Anda paham tanggung jawab yang diberikan Tuhan dengan lebih jelas.

Beberapa orang hidup seolah-olah mereka bertanggung jawab atas segalanya dan itu membuat mereka khawatir. Kekhawatiran adalah salah satu tanda bahwa Anda memikul terlalu banyak tanggung jawab. Anda tidak bertanggung jawab atas segala hal, tetapi Anda bertanggung jawab untuk menjadi seperti yang Tuhan kehendaki. Roma 14:12 mengatakannya seperti ini: "Demikianlah setiap orang di antara kita akan memberi pertanggungan jawab tentang dirinya sendiri kepada Allah." Tuhan memilih orangtua Musa supaya Musa menjadi seorang Ibrani yang dapat membebaskan umat-Nya dari perbudakan. Tuhan pun menggunakan orangtua Anda untuk menjadikan Anda unik.

Banyak keadaan yang membuat hidup Musa sulit, namun Tuhan memakainya demi mendatangkan kebaikan. Begitu pun dengan Anda. Tuhan telah memilih Anda lahir ke dunia, dan Dia menggunakan setiap detail kehidupan Anda untuk kebaikan.

Anda punya pilihan untuk berkata 'ya' kepada Tuhan dan 'tidak' untuk hal-hal lain. Musa berkata 'tidak' untuk hidup sebagai seorang pangeran Mesir. Dia berkata 'ya' untuk menerima tanggung jawab yang diberikan Tuhan kepadanya.

Ketika Anda mempelajari identitas yang diberikan Tuhan atas Anda, maka tanggung jawab Anda juga akan menjadi jelas. Anda akan belajar kapan berkata tidak dan kapan berkata ya.

Renungkan hal ini:
- Pikirkan tentang detail kisah hidup Anda. Dari sana apa yang Anda pelajari tentang identitas dan tanggung jawab yang diberikan oleh Tuhan kepada Anda?
- Bagaimana selama ini Tuhan memakai kesulitan dalam hidup Anda, demi kebaikan Anda?
- Tanggung jawab apa saja yang harus Anda lakukan hari ini? Apa yang harus Anda tolak hari ini?


Bacaan Alkitab Setahun :
Maleakhi 4; Wahyu 21 - 22


Mengetahui identitas Anda akan memperjelas hal-hal yang menjadi tanggung jawab Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top