Anda Harus Memberikan Persepuluhan

| Rabu, Januari 22, 2020 |

Maleakhi 3:10 "Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan."

Jika Anda ingin Tuhan memberkati keuangan Anda, maka tempatkan Dia di tempat pertama dalam keuangan Anda. Ini yang dinamakan disiplin spiritual persepuluhan.

Secara spesifik, Tuhan mengajarkan kita tentang kebiasaan memberikan bagian pertama dari setiap penghasilan kita untuk dikembalikan kepada-Nya: "Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan" (Maleakhi 3:10).

Jelas, Tuhan tidak membutuhkan uang Anda. Lalu mengapa Dia mengatakan soal persepuluhan? Sebab Dia ingin apa yang diwakilkan uang itu: kehidupan Anda. Tuhan sedang menguji iman Anda. Dia sedang menguji prioritas Anda. Dia sedang menguji rasa syukur Anda.

Ketika Anda memberikan persepuluhan Anda kepada Tuhan, itu adalah bentuk rasa syukur Anda atas masa lalu ("Tuhan, aku tidak punya apa-apa jika bukan karena Engkau"), itu adalah prioritas Anda untuk saat ini ("Tuhan, aku ingin Engkau jadi yang utama dalam hidupku"), dan itu adalah pernyataan iman Anda atas masa depan ("Tuhan, aku percaya bahwa Engkau akan menepati janji-janji-Mu").

Persepuluhan ialah ujian atas rasa percaya Anda. Apakah Anda percaya pada Tuhan atas uang Anda dan mau mengatakan pernyataan itu pada-Nya? Tuhan menguji kita sebab Dia ingin kita menjadi seperti Dia. Dia adalah pemberi terbesar, dan ketika kita menunjukkan bahwa kita bisa dipercaya oleh-Nya dengan keuangan kita, maka kita akan menjadi semakin serupa dengan Dia.

Seorang CEO terkenal pernah berkata kepada saya, "Rick, Anda perlu memberi tahu orang-orang bahwa waktu terbaik untuk mulai memberikan persepuluhan adalah ketika mereka terlilit hutang." Saya bertanya kepadanya mengapa, jawabnya, "Karena saat itulah Anda paling membutuhkan bantuan Tuhan."

Memberi persepuluhan bisa terasa sangat sulit ketika Anda punya banyak hutang. Namun, jika Anda ingin keluar dari jerat hutang, Anda harus minta bantuan Tuhan. Karena itu, muliakan Dia dengan menempatkan Dia di tempat pertama dalam hidup Anda melalui persepuluhan.

Anda mungkin berpikir Anda tidak mampu memberikan persepuluhan, tetapi Anda harus! Bila Anda mengharapkan berkat Tuhan atas keuangan Anda, maka Anda harus menempatkan Dia sebagai yang pertama dalam keuangan Anda.

Renungkan hal ini:
- Apakah Anda merasa kesulitan memberikan persepuluhan? Mengapa atau mengapa tidak?
- Menurut Anda apakah Allah ingin Anda memberikan lebih dari 10 persen persepuluhan?
- Hari ini, apa satu langkah yang bisa Anda ambil untuk menunjukkan kepada Tuhan bahwa Anda ingin menempatkan Dia sebagai yang pertama dalam keuangan Anda? Bagaimana langkah tersebut akan membuat Anda selangkah lebih dekat untuk setia dalam memberikan persepuluhan?


Bacaan Alkitab Setahun :
Keluaran 4-6; Matius 14:22-36


Prioritaskan Tuhan, maka Tuhan akan memprioritaskan Anda
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top