Melayani Tuhan Atau Uang ?

| Minggu, Februari 09, 2020 |

Lukas 16:13 "Seorang hamba tidak dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon."

Seandainya Tuhan memerintahkan Anda untuk memberikan sesuatu sekarang juga dan Anda menjawab, "Tuhan, aku bisa memberikan apa pun, tapi tidak yang satu itu," berarti bukan Anda yang menjadi tuan atas benda itu — benda itu yang menjadi tuan atas Anda. Tuhan akan menguji apa yang sebenarnya berada di tempat pertama dalam hidup Anda dengan meminta Anda untuk memberikan hal yang paling Anda jaga erat.

Lukas 16:13 mengatakan, "Seorang hamba tidak dapat mengabdi kepada dua tuan… Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon."

Anda harus memutuskan siapa atau apa yang akan Anda layani- persembahan Anda mencerminkan pilihan Anda itu. Jika Tuhan adalah penguasa atas hidup Anda, maka Ia juga harus menjadi penguasa atas dompet Anda.

Pernah ada seorang pria kaya yang menyumbangkan uangnya untuk misi pelayanan melebihi jumlah persepuluhannya. Dia mengatakan dia bertemu seorang perencana keuangan bertahun-tahun yang lalu. Setelah mereka berbincang sebentar, perencana keuangan itu mengambil secarik kertas dan menggambar sebuah kotak. Di luar kotak tersebut, ia menggambar tanda dolar yang mewakili uang, dan salib yang mewakili Kristus. Dia berkata, "Saya menangkap ada dua hal yang mencuri perhatian Anda. Saya tidak bisa membantu merencanakan hidup Anda sampai Anda memberi tahu saya mana yang paling Anda inginkan ada di dalam kotak ini, yang paling mewakili hidup Anda." Pria kaya itu memikirkannya sejenak dan kemudian menjawab, "Saya ingin Kristus menjadi pusat kehidupan saya." Itulah titik baliknya — ketika ia mulai berinvestasi untuk kekekalan surga.

Jika seseorang menggambar sebuah kotak dan bertanya mana yang menjadi pusat kehidupan Anda, apa jawab Anda? Apakah Anda akan menaruh tanda salib atau tanda dolar di dalam kotak itu? Apakah rekening koran Anda sudah mewakili jawaban Anda tersebut? Anda bisa menjawab apa pun yang ada di tempat pertama dalam hidup Anda, tetapi cara Anda menghabiskan waktu dan uang Andalah yang mengungkapkan kebenarannya.

Ada dua pilihan kunci dalam hidup Anda yang berkaitan dengan hal finansial: siapa yang akan menjadi tuan Anda, dan untuk apa Anda akan menggunakan uang Anda— untuk surga kekal, atau untuk di sini, saat ini.

"Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya. Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada" (Matius 6: 20-21).

Anda dapat menunjukkan kepada Tuhan bahwa Tuhan-lah tuan atas hati Anda dengan menyerahkan kendali uang Anda kepada-Nya serta berkomitmen memberikan apa yang Ia perintahkan, sebagai bentuk pelayanan Anda kepada-Nya dan kepada orang lain.

Renungkan hal ini:
- Apa yang Anda inginkan berada di dalam "kotak" Anda? Bagaimana hal tersebut mengharuskan Anda untuk membuat beberapa perubahan dalam hidup Anda?
- Hari ini, apa yang bisa mulai Anda lakukan sehingga persembahan atau pemberian Anda itu mencerminkan siapa atau apa yang ingin Anda jadikan sebagai tuan?
- Bagaimana dengan mengetahui bahwa Allah tidak membutuhkan uang Anda memengaruhi sikap Anda tentang hal memberikan persepuluhan?
- Mengapa kita seringkali bergantung pada uang?


Bacaan Alkitab Setahun :
Imamat 4-5; Matius 24:29-51


Allah tidak butuh uang Anda. Dia ingin apa yang diwakili oleh uang Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top