Agar Pandai Mengasihi Orang Lain, Anda Harus Melatihnya

| Minggu, Februari 09, 2020 |

1 Yohanes 4: 7 "Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah."

Mengasihi adalah suatu keterampilan. Jika Anda kesulitan mengasihi orang lain, ini kabar baiknya: Kasih itu bisa dipelajari! Itu artinya semakin sering Anda berlatih, semakin baik Anda mampu mengasihi. Seperti apa pun Anda mengasihi atau dikasihi di masa lalu, Anda bisa mengasihi orang lain dengan luar biasa.

Malah Tuhan ingin Anda menjadi terampil dalam hal ini. Dia tidak akan menyuruh Anda mengasihi orang lain apabila Dia tidak membantu Anda untuk melakukannya.

Tetapi, banyak orang yang tidak pernah mau belajar mengasihi.

Apakah Anda ingin dikenal sebagai orang yang memiliki kasih yang luar biasa? Saat orang lain berbicara tentang bagaimana Anda mengasihi orang lain, apakah Anda ingin mereka berkata, "Dia mengasihi Anda terlepas dari mana pun asal Anda" atau "Dia mengasihi Anda terlepas dari apa pun yang sudah Anda lakukan"? Apakah Anda ingin diingat karena seberapa banyak harta yang Anda punya atau seberapa hebat pencapaian Anda, atau sebailknya, apakah Anda ingin diingat karena seberapa baiknya Anda mengasihi?

Firman Tuhan dan Roh Kudus akan mengajarkan dan memampukan Anda untuk mengasihi orang lain. Namun agar dapat melakukannya dengan luar biasa, Anda perlu mempraktikkannya berulang-ulang kali. Mungkin pada awalnya akan terasa canggung ketika Anda mulai belajar untuk mengasihi dengan kapasitas yang lebih besar dibanding kemampuan mengasihi manusia kebanyakan, tetapi andalkanlah kasih Tuhan yang kuat dan supernatural itu untuk bekerja lewat Anda. Sebab semakin Anda mengasihi seperti ini, semakin hebat Anda mengasihi dengan tulus.

Alkitab berkata dalam 1 Yohanes 4: 7 bahwa kasih berasal dari Allah. Ketika Anda belajar dan berkomitmen untuk mengasihi orang lain seperti Yesus mengasihi Anda, maka mereka akan peduli dan akan tertarik mengenal Allah.

Renungkan hal ini:
- Pikirkan seseorang yang Anda kenal yang mengasihi orang lain dengan baik. Apa yang menandakan cara orang tersebut memperlakukan orang lain dalam interaksi sehari-hari?
- Bagaimana Yesus menunjukkan kasih-Nya kepada orang lain? Bagaimana Anda juga bisa melakukan hal yang sama?
- Jika mengasihi adalah suatu keterampilan, maka itu harus dilatih. Apa beberapa cara spesifik yang bisa Anda lakukan untuk berlatih mengasihi orang lain minggu ini?



Bacaan Alkitab Setahun :
Imamat 6-7; Matius 25:1-30


Penuhi hati Anda dengan Kasih Allah sehingga Anda dapat juga mengasihi orang lain dengan Kasih yang berasal dari Allah saja.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top