Apakah Anda Terlalu Letih Mengasihi Orang Lain Dengan Baik ?

| Senin, Februari 10, 2020 |

Mazmur 119: 73 "Tangan-Mu telah menjadikan aku dan membentuk aku, berilah aku pengertian, supaya aku dapat belajar perintah-perintah-Mu."

Sulit untuk mengasihi ketika Anda lelah.

Itu benar: Kondisi fisik Anda punya dampak kuat pada hubungan Anda. Menjadi orang yang energik membuat suatu perbedaan besar! Apa yang terjadi pada hubungan-hubungan Anda ketika Anda lelah? Hal-hal yang biasanya merupakan masalah kecil bisa menjadi masalah besar. Anda akan jadi mudah tersinggung, defensif, atau lebih kritis ketika tenaga Anda terkuras.

Jika Anda mau berkomitmen untuk mengasihi orang lain lebih baik lagi, kembangkan gaya hidup yang menyegarkan Anda secara fisik. Alkitab mengajarkan kita tentang banyak prinsip kesehatan, tetapi tiga prinsip yang paling mendasar ialah istirahat yang cukup, pola makan yang seimbang, dan olahraga yang teratur.

Istirahat. Mazmur 127: 2 mengatakan, "Sia-sialah kamu bangun pagi-pagi dan duduk-duduk sampai jauh malam, dan makan roti yang diperoleh dengan susah payah--sebab Ia memberikannya kepada yang dicintai-Nya pada waktu tidur." Bila Anda terlalu letih untuk mengasihi anak-anak Anda, pasangan Anda, atau teman sekamar Anda, maka masalahnya adalah masalah fisik, bukan rohani Anda. Sungguh menakjubkan betapa banyak hal menjadi lebih baik setelah tidur malam yang nyenyak.

Pola makan seimbang. Alkitab berkata, "Tangan-Mu telah menjadikan aku dan membentuk aku, berilah aku pengertian, supaya aku dapat belajar perintah-perintah-Mu" (Mazmur 119: 73). Tuhan menyediakan kesenangan yang luar biasa bagi kita untuk kita nikmati dan kecap. Kita seharusnya bisa menikmati makanan! Namun Dia juga memberikan kita hikmat untuk tahu apa dan seberapa banyak yang baik dimasukkan ke dalam tubuh kita — dan apa yang tidak. Kita harus menjaga gizi yang seimbang.

Olahraga teratur. "Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!" (1 Korintus 6:20). Untuk dapat mengatasi kelelahan, Anda harus berkomitmen untuk berolahraga secara teratur. Penelitian demi penelitian menunjukkan bahwa olahraga tidak menguras tenaga Anda. Itu malah meningkatkan tenaga Anda.

Tuhan tak pernah merancang Anda supaya Anda menjalani hidup ini dengan kelelahan. Ketika Anda terlalu lelah untuk mengasihi orang lain dengan baik, perhatikan seberapa baik Anda beristirahat, apa yang Anda makan, dan seberapa rutin Anda berolahraga. Kemudian, buatlah pilihan yang lebih baik —dan seringkali yang lebih sulit — untuk mengurus diri Anda sendiri.

JIka melakukan ketiga hal itu, Anda dan orang-orang yang Anda kasihi akan memperoleh manfaat jangka panjang.

Renungkan hal ini:
- Hal-hal apa dalam hidup Anda yang seringkali Anda utamakan ketimbang istirahat yang cukup? Apakah hal-hal tersebut lebih penting dibanding kesehatan Anda?
- Dalam hal apa saja Allah telah memberikan Anda hikmat tentang pola makan Anda, yang sampai sekarang belum Anda ikuti?
- Jika Anda merasa terlalu lelah untuk berolahraga, apa yang Anda perlukan untuk memulihkan energi Anda? Apakah Anda bersedia mencoba olahraga yang mudah seperti berjalan 30 menit setiap hari selama beberapa hari ke depan untuk melihat bagaimana itu membawa perbedaan untuk mengasihi orang lain?


Bacaan Alkitab Setahun :
Imamat 8-10; Matius 25:31-46


Fokuskan energi Anda untuk mengasihi, bukan untuk membenci
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top