Fokus Pada Tuhan Sehingga Anda Tak Punya Waktu Untuk Iri

| Minggu, Maret 01, 2020 |

Ibrani 12: 1 "Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita."

Ketika Anda mulai khawatir akan sesuatu yang sedang Tuhan kerjakan di dalam kehidupan orang lain dan rasa iri mulai muncul, fokuslah pada rencana yang Tuhan sediakan untuk Anda. Janganlah itu membuat Anda teralihkan- fokuslah pada kehendak Allah atas hidup Anda.

Ada ungkapan sederhana yang diucapkan oleh seorang majikan dalam kisah para pekerja kebun anggur yang menggerutu karena tidak mendapatkan upah yang pantas mereka terima: "Ambillah bagianmu dan pergilah; aku mau memberikan kepada orang yang masuk terakhir ini sama seperti kepadamu" (Matius 20:14). Intinya, ia mengatakan itu kepada para pekerja yang tidak bisa mengatasi rasa iri mereka, "Sekarang waktunya move on. Berhenti membuat orang lain merasa kasihan pada kalian. Sudah, lupakanlah!"

Terkadang kita terjebak di masa lalu. Mungkin Anda masih iri dengan teman Anda yang menjadi raja atau ratu prom di acara perpisahan sekolah. Tetapi mengapa sesuatu yang dimiliki orang lain menghambat rencana Tuhan buat hidup Anda saat ini?

Ibrani 12: 1 mengatakan, "Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita." Perlombaan yang dimaksud dalam ayat ini berarti perlombaan unik Anda - perlombaan yang dibuat untuk Anda seorang. Tuhan sudah membuat rancangan yang Dia mau Anda kejar, yang berbeda dengan rancangan untuk orang lain. Dia sudah merencanakannya untuk Anda bahkan sebelum Anda dilahirkan, rancangan yang jauh lebih baik dari yang bisa Anda impikan.

Begitu Anda mulai menemukan dan mengejar tujuan unik yang Tuhan buat Anda itu, maka Anda tidak akan iri pada siapa pun lagi. Anda dimerdekakan dari tirani untuk menjadi seseorang yang paling hebat sepanjang waktu. Anda hanya perlu menjadi versi terbaik diri Anda, seseorang yang seturut dengan kehendak Tuhan.

Renungkan hal ini:
- Mengapa menjalani kehidupan hanya untuk satu penonton, Tuhan, memerdekakan Anda dari rasa iri?
- Bagaimana Anda bisa mengetahui tujuan Allah buat hidup Anda?
- Apa pengalaman di masa lalu yang mungkin masih menahan Anda untuk mengejar kehendak Tuhan atas hidup Anda saat ini?


Bacaan Alkitab Setahun :
Bilangan 23:19-36; Markus 8:1-21


Ketika Anda fokus pada rancangan unik Tuhan atas Anda, maka Anda akan begitu sibuk melaksanakan panggilan Anda, sehingga itu membuat Anda tak punya waktu untuk iri dengan orang lain. Anda akan menjalani hidup Anda hanya untuk satu penonton- Tuhan.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top