Lima Langkah Pertama Untuk Membangun Kehidupan Yang Penuh Kasih

| Kamis, Maret 05, 2020 |

Efesus 5: 2 "Dan hiduplah di dalam kasih, sebagaimana Kristus Yesus juga telah mengasihi kamu dan telah menyerahkan diri-Nya untuk kita sebagai persembahan dan korban yang harum bagi Allah."

Saya sudah berada di bumi ini cukup lama, namun saya masih bersalah kepada Tuhan karena betapa kurangnya saya sungguh-sungguh memaknai kasih dan betapa seringnya saya menjadi orang yang tidak pengasih. Tetapi memang, kita semua butuh usaha keras dalam hal ini. Kita semua masih punya banyak hal yang harus kita perbaiki dalam perjalanan kita untuk menjadi dewasa di dalam kasih Tuhan.

Lalu bagaimana caranya membangun kehidupan yang dilandasi oleh kasih sejati yang amat dalam? Itu satu pertanyaan yang dalam, dan Anda akan menghabiskan seluruh hidup Anda mencoba untuk melakukannya. Saya akan memberikan beberapa cara supaya Anda terus mengasihi -- lima hal yang bisa Anda lakukan diminggu ini yang akan membantu Anda untuk bisa menjadi seseorang yang luar biasa pengasih.

1. Belajar bagaimana kasih yang dewasa bertindak dan merespons.
Perubahan yang personal selalu dimulai dari perubahan sudut pandang. Anda harus memiliki perspektif Tuhan untuk mengerti apa kasih itu sesungguhnya, sebab dunia ini tak tahu apa-apa tentang kasih yang sejati dan dalam. Anda dapat melakukannya dengan mempelajari Firman Tuhan.

2. Mulai hari Anda dengan pengingat untuk mengasihi.
Sepuluh menit pertama dari hari Anda menentukan seluruh suasana hati Anda sepanjang hari. Tetapkan untuk bangun di pagi hari dan berkata, "Tuhan, tolong aku untuk selalu ingat bahwa yang paling penting ialah mengasihi Engkau dan mengasihi orang lain. Ingatkan aku hari ini untuk mengasihi Engkau dan orang-orang yang Engkau tempatkan di sekelilingku agar hari ini tidak berlalu sia-sia."

3. Hafalkan apa yang Tuhan katakan tentang kasih.
Firman Tuhan penuh dengan kebenaran dan prinsip-prinsip tentang cara menjadi orang yang pengasih. Tapi masalahnya, ketika Anda berada di situasi di mana Anda tergoda untuk enggan mengasihi, Alkitab Anda biasanya ada di atas rak buku Anda. Itulah sebabnya, Anda perlu menghafal Alkitab-- sehingga Tuhan dapat mengingatkan ayat-ayat di dalamnya kepada Anda di saat Anda paling membutuhkannya.

4. Berlatih bertindak dengan cara yang penuh kasih dan tidak egois.
Kasih itu seperti otot. Semakin sering Anda menggunakannya, semakin terbentuk otot Anda. Jika Anda ingin menjadi orang yang sungguh-sungguh pengasih, maka Anda harus dengan niat melakukan beberapa hal yang awalnya terasa canggung. Tetapi semakin Anda berlatih, semakin itu menjadi sifat kedua Anda, dan semakin Anda menjadi orang yang benar-benar pengasih.

5. Dapatkan dukungan dari orang-orang yang pengasih.
Jika Anda hanya duduk di kamar dan membaca buku, Anda tidak akan bisa belajar lebih jauh lagi tentang mengasihi. Anda hanya dapat mempelajarinya dengan berhubungan dengan orang lain, dalam sebuah komunitas. Itulah salah satu alasan mengapa bergabung dengan kelompok kecil sangatlah penting! Itu menempatkan Anda pada situasi di mana Anda dapat bertumbuh ketika Anda melihat kasih yang saleh memberikan Anda teladan dan ketika Anda berlatih melayani orang lain dengan cara yang tidak egois, penuh kasih.


Renungkan hal ini:
- Apa yang dapat Anda ubah dengan jadwal Anda, sehingga Anda dapat memberikan Allah bagian terbaik dari hari Anda, dan memulai hari Anda dengan Firman-Nya?
- Pikirkan cara-cara terbaik yang Anda pelajari di sekolah. Bagaimana Anda dapat menerapkan beberapa prinsip tersebut untuk menghafal Alkitab?
- Siapa orang-orang dalam hidup Anda yang telah mempraktekkan kehidupan yang penuh kasih? Apa cara spesifik yang mereka pakai untuk mengasihi Tuhan dan orang lain dengan baik?


Bacaan Alkitab Setahun :
Bilangan 34-36; Markus 9:40-50


Anda tidak akan pernah bisa belajar mengasihi hanya dengan duduk dan mendengarkan. Anda mempelajarinya dalam menjalin hubungan dengan orang lain.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top