Mengapa Anda Melakukan Apa yang Tidak Ingin Anda Lakukan?

| Jumat, Maret 27, 2020 |


Yohanes 8:32 "Dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu."

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa Anda melakukan sesuatu yang tidak ingin Anda lakukan? Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa begitu sulit untuk melakukan hal-hal yang Anda tahu adalah sesuatu yang benar untuk dilakukan?

Sifat berdosa kita menyebabkan kita sering membuat pilihan yang salah. Anda mungkin bisa memahami rasul Paulus ketika ia berkata, "Sebab apa yang aku perbuat, aku tidak tahu. Karena bukan apa yang aku kehendaki yang aku perbuat, tetapi apa yang aku benci, itulah yang aku perbuat. Kalau demikian bukan aku lagi yang memperbuatnya, tetapi dosa yang ada di dalam aku. Sebab aku tahu, bahwa di dalam aku, yaitu di dalam aku sebagai manusia, tidak ada sesuatu yang baik. Sebab kehendak memang ada di dalam aku, tetapi bukan hal berbuat apa yang baik" (Roma 7:15, 17-18).

Bahkan setelah Anda menjadi pengikut Yesus, ada peperangan di dalam diri Anda. Anda memiliki sifat baik yang Tuhan berikan kepada Anda, tetapi Anda juga memiliki sifat hasil dari dosa lama Anda yang terus menarik Anda.

Namun ada jalan keluar! Yesus berjanji dalam Yohanes 8:32, "Dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu."

Kunci dari perubahan pribadi bukanlah kemauan atau sesuatu yang Anda lakukan atau ucapkan. Kuncinya bukan pada obat-obatan, resolusi, atau nazar yang Anda buat.

Kunci dari perubahan pribadi ialah sesuatu yang Anda tahu.

Anda tahu yang sebenarnya. Ketika Anda mengubah cara pikir Anda, maka itu mengubah cara Anda merasa. Dan ketika Anda mengubah cara Anda merasa, itu mengubah cara Anda bertindak.

Mengapa Anda melakukan sesuatu yang Anda tahu buruk buat Anda? Karena Anda berpikir ada semacam hadiah. Itu bohong! Anda hanya dapat mengubah dan menggenapi rancangan Tuhan buat hidup Anda apabila Anda mulai dengan kebenaran Allah. Jika Anda ingin mengubah cara hidup Anda, maka Anda harus memulainya. Anda harus tahu dan percaya pada kebenaran Allah.

Ketika Anda mengetahui kebenaran Allah, maka kebenaran itu akan membebaskan Anda.

Renungkan hal ini:
- Menurut Anda apa artinya mengetahui kebenaran Allah?
- Pikirkan beberapa kebohongan yang terngiang-ngiang di kepala Anda selama bertahun-tahun. Manakah kebenaran Firman yang Anda perlukan untuk menggantikan posisi kebohongan tersebut?
- Apa yang Anda perlukan untuk mengetahui kebenaran Allah dengan lebih baik? Perubahan apa yang perlu Anda lakukan dalam hidup Anda?


Bacaan Alkitab Setahun :
Hakim-hakim 1-3; Lukas 4:1-30


Di balik setiap tindakan bodoh ada kebohongan yang Anda pegang. Mungkin itu berupa kebohongan tentang diri Anda, masa lalu atau masa depan Anda, Tuhan, atau orang lain.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top