Empat Cara Tuhan Berbicara kepada Anda

| Kamis, Maret 26, 2020 |


Ayub 33:14 "Karena Allah berfirman dengan satu dua cara, tetapi orang tidak memperhatikannya."

Tuhan berbicara kepada Anda, tetapi apakah Anda mendengarkan suara-Nya? Ayat hari ini mengatakan bahwa kadang Tuhan berbicara satu arah, kadang dengan cara lain.

Pertanyaannya adalah "Bagaimana caranya supaya saya bisa mendengar suara-Nya?"

Berikut ini empat cara yang digunakan Tuhan:
1. Tuhan berbicara kepada kita melalui Alkitab.
Alkitab merupakan buku panduan seumur hidup Anda. Alkitab menunjukkan pada Anda langkah-langkah tepat yang harus Anda ambil. Itulah sebabnya Anda harus membaca Firman Tuhan setiap hari. Apabila Anda tidak melakukan saat teduh setiap hari dan membaca Alkitab, Tuhan mendengar sinyal sibuk saat Dia coba berbicara kepada Anda. Anda harus terus menjalin relasi yang konstan dengan Tuhan, sebab kehendak Dia dapat ditemukan dalam Firman Tuhan.

2. Tuhan berbicara kepada kita melalui guru.
Tidak mungkin saya atau para guru bisa benar-benar tahu apa yang harus dikatakan untuk memenuhi setiap kebutuhan mereka yang kami ajarkan. Namun Tuhan tahu. Maka, setiap kali saya hendak memimpin kebaktian, saya berdoa, "Tuhan, Anda kenal orang-orang ini dan apa yang mereka butuhkan di luar sana. Tolong aku untuk hanya mengatakan kebenaran. Entah bagaimana, dengan cara yang hanya dapat Tuhan lakukan, Tuhan memakai pengajaran saya dan pengajaran pendeta-pendeta lain untuk memenuhi kebutuhan orang-orang yang mendengarkan.

3. Tuhan berbicara kepada kita melalui intuisi.
Ada dua paham berseberangan mengenai hal ini. Ada paham rasionalis yang percaya bahwa intuisi tidak datang dari Tuhan; semuanya harus logis. Paham lainnya adalah kepercayaan mistis, dimana setiap instuisi berasal dari Tuhan. Nah, Anda harus berada di tengah dan memahami bahwa setiap perasaan atau intuisi harus sesuai dengan Firman Tuhan.

4. Tuhan berbicara kepada kita melalui keadaan kita.
Jika kita ingin menjalani kehidupan yang berarti, Tuhan akan membuat koreksi atau ujian secara terus-menerus, dan salah satu hal yang Dia gunakan untuk melakukannya yaitu lewat keadaan hidup kita. Ketika Anda mulai mendengarkan Allah melalui keadaan, intuisi, guru, atau Alkitab, maka Dia akan membimbing Anda dengan cara yang tidak dapat Anda bayangkan.

Renungkan hal ini:
- Kapan saat di mana Tuhan menggunakan salah satu cara tadi untuk berbicara kepada Anda tentang kehendak-Nya buat hidup Anda?
- Menurut Anda bagaimana Tuhan ingin Anda menguji suatu intuisi untuk melihat apakah itu dari Dia atau bukan?
- Bagaimana Anda perlu mengubah perspektif Anda tentang keadaan Anda, sehingga Tuhan dapat memakainya untuk berbicara kepada Anda?

Hari ini adalah harinya. Ini adalah hari di mana Anda harus melangkah dan berkata kepada Yesus Kristus, "Aku ingin memiliki hubungan dengan-Mu." Tapi bagaimana cara melakukannya? Mulailah dengan berbicara kepada-Nya di dalam doa. Dia sedang mendengarkan Anda sekarang! Dia sudah melakukan segala yang perlu Ia lakukan. Itulah sebabnya Dia datang ke dunia ini, mati di kayu salib, dan dibangkitkan.

Dia ingin memberi Anda sebuah hadiah, dan cara Anda menerimanya ialah dengan mengatakannya kepada-Nya di dalam doa, "Yesus, hari ini, aku ingin mengambil langkah pertama mendekat ke arah-Mu. Aku ingin mengenal Engkau. Aku akui aku tidak mengerti semuanya. Tetapi Yesus, aku ingin membuka hidupku untuk-Mu. Aku ingin menerima hadiah dari-Mu untukku. Ganti rasa bersalahku dengan karunia pengampunan-Mu, kekhawatiranku dengan karunia damai-Mu, dan ketakutanku akan kematian dengan karunia hidup kekal-Mu. Saat ini aku hendak mengundang Engkau untuk datang dan membuat rumah-Mu di hatiku. Aku berdoa di dalam nama-Mu. Amin."


Bacaan Alkitab Setahun :
Yosua 22-24; Lukas 3


Tetaplah bertahan! Ikut Tuhan tidak selalu mudah, tetapi itu akan menuai lebih banyak berkat dalam hidup Anda, dibanding yang bisa Anda bayangkan.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top