Cara Membangun Hidup di atas Dasar yang Kuat

| Sabtu, April 18, 2020 |


Matius 7:24 "Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu."

Dalam Injil Matius, Yesus menceritakan kisah tentang dua orang yang membangun rumah: orang yang bijaksana dan yang bodoh.

Orang yang bodoh membangun rumahnya di atas pasir. Ketika banjir datang, rumahnya pun roboh. Yesus mengajarkan bahwa orang-orang yang mendengarkan ajaran-Nya tetapi tidak melaksanakannya adalah seperti orang yang bodoh itu.

Namun, orang yang bijaksana, membangun rumahnya di atas batu. Ketika hujan dan banjir datang, rumahnya tetap berdiri kokoh. Yesus berkata, "Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu" (Matius 7:24).

Yakobus juga banyak berbicara tentang melakukan apa yang Alkitab ajarkan. Pasal pertama dari kitab Yakobus diakhiri dengan tiga contoh bagaimana Anda bisa mengetahui apakah Anda telah melakukan Firman Allah secara efektif:

1. Anda memiliki lidah yang terkontrol: "Jikalau ada seorang menganggap dirinya beribadah, tetapi tidak mengekang lidahnya, ia menipu dirinya sendiri, maka sia-sialah ibadahnya" (Yakobus 1:26).

2. Anda akan memiliki hati yang peduli: "Ibadah yang murni dan yang tak bercacat di hadapan Allah, Bapa kita, ialah mengunjungi yatim piatu dan janda-janda dalam kesusahan mereka," (Yakobus 1:27).

3. Anda akan memiliki pikiran yang jernih: "Dan menjaga supaya dirinya sendiri tidak dicemarkan oleh dunia" (Yakobus 1:27).

Hal-hal tersebut, kitab Yakobus memberitahu kita, merupakan bukti dari Kekristenan yang sejati.

Dalam Yohanes 13:17, Yesus memberi tahu para pengikut-Nya: "Jikalau kamu tahu semua ini, maka berbahagialah kamu, jika kamu melakukannya." Berkat-berkat Alkitab datang ketika Anda melaksanakan ajaran-Nya.

Siapa pun Anda, pasti Anda lebih banyak tahu tentang kebenaran rohani dibanding apa yang sudah Anda praktekkan saat ini.

Karena itu mulailah dari kondisi spiritual Anda hari ini. Lakukan kebenaran Firman yang sudah Anda ketahui. Kemudian, seiring dengan bertambahnya kebenaran Firman yang Anda pelajari, lakukanlah itu juga. Jadilah pelaku Firman.

Renungkan hal ini:
- Apa beberapa cara spesifik yang telah mengubah hidup Anda lewat melakukan apa yang diajarkan Alkitab?
- Saat Anda membaca bukti dalam kitab Yakobus mengenai Kekristenan yang sejati, apakah Anda melihat diri Anda di sana? Jika tidak, saya harap Anda mau membuka hidup Anda kepada Yesus Kristus hari ini. Inilah doa untuk membantu membimbing Anda:
Yesus, aku percaya bahwa Engkau telah mati untukku di kayu salib. Aku bertobat dari dosa-dosaku dan meminta Engkau untuk mengampuniku. Masuklah ke dalam hidupku, aku ingin menjalani sisa hidupku dengan mengikut Engkau.
- Apabila Anda berdoa doa itu, Tuhan akan mengampuni dosa-dosa Anda dan memberi Anda awal yang baru. Sekarang, berimanlah dan beranilah untuk mulai ikut Yesus dengan mempraktekkan apa yang Anda pelajari dari Firman Tuhan.


Bacaan Alkitab Setahun :
2 Samuel 3-5; Lukas 14:25-35


Jadilah pelaku - pelaku Firman Tuhan.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top