Apa yang Perlu Anda Tahu dan Ke Mana Anda Harus Pergi

| Rabu, Agustus 26, 2020 |

Yohanes 16:13a "Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran."

Sebelum Yesus naik ke surga, Dia berjanji kepada para pengikut-Nya bahwa Dia akan mengirimkan satu penolong, Roh Kudus. Penolong ini akan selalu menyertai umat Allah — itu termasuk Anda dan saya!

Roh Kudus memainkan banyak peranan, seperti memberi tahu Anda apa yang perlu Anda tahu dan menunjukkan ke mana Anda harus pergi.

Roh Kudus mengajari Anda banyak hal besar yang perlu Anda ketahui dalam hidup — seperti memberi tahu Anda apa yang benar dan apa yang salah.

Dia juga memberi Anda pengetahuan yang dalam di setiap momen. Ketika Anda belajar untuk membiarkan Roh memimpin Anda, maka Dia memberi tahu Anda apa yang perlu Anda ketahui pada saat Anda membutuhkannya.

Pernahkah di suatu pagi Anda membaca sebuah ayat Alkitab dan kemudian, beberapa jam kemudian Anda ingat kembali ayat itu di saat Anda benar-benar membutuhkannya? Itu pekerjaan Roh Kudus.

Alkitab berkata dalam Yohanes 16:13, "Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran."

Kadang Allah melakukan ini untuk kebaikan Anda. Tapi kadang juga Dia melakukannya untuk kebaikan orang lain. Dia membiarkan Anda berbagi kebenaran firman yang telah Dia tunjukkan kepada Anda.

Pernahkah Allah memberikan sebuah impian di hati Anda yang tidak akan pernah bisa Anda gapai sendiri? Apabila Anda membiarkan Roh Kudus memimpin Anda, maka Anda akan pergi ke tempat-tempat yang tidak pernah Anda bayangkan.

Alkitab dipenuhi dengan teladan orang-orang yang mengikuti bimbingan Allah.

Lukas 2:27 mengatakan, "Ia datang ke Bait Allah oleh Roh Kudus. Ketika Yesus, Anak itu, dibawa masuk oleh orang tua-Nya untuk melakukan kepada-Nya apa yang ditentukan hukum Taurat,"

Di hari itu, ketika Simeon tiba di Bait Allah, dia memiliki hak istimewa tertinggi: Dia menyerahkan bayi Yesus kepada Allah.

Dalam kitab Kisah Para Rasul kita menemukan kisah tentang seseorang yang menaati Roh Kudus. Pada suatu hari, saat seorang pria bernama Filipus berjalan di jalanan yang berdebu, melintaslah seorang Etiopia, seorang pembesar di negerinya, dengan menggunakan kereta kuda. Kisah Para Rasul 8:29 mengatakan, "Pergilah ke situ dan dekatilah kereta itu!" Filipus mematuhi Roh Kudus dan mendapati pria tersebut sedang membaca kitab nabi Yesaya tentang Mesias. Filipus memberi tahu dia bahwa Mesias telah datang. Pria itu segera meminta dirinya untuk dibaptis, dan dia membawa Kekristenan pulang ke Etiopia.

Karena Filipus mendengarkan dorongan Roh Kudus, maka dia menjadi bagian dari pekerjaan Allah. Ketika Anda mendengarkan Roh Kudus, maka Dia akan membolehkan Anda ikut serta dalam pekerjaan-Nya juga.

Ketika Anda mendengarkan dan mengikuti arahan Roh Kudus, maka Anda akan mendapati iman Anda menguat, karena Anda akan secara konsisten melihat Allah bekerja dalam hidup Anda. Anda akan belajar bahwa Anda bisa mengandalkan Dia untuk memberi tahu Anda apa yang perlu Anda ketahui dan menunjukkan ke mana Anda harus pergi.

Renungkan hal ini:
- Kapan Roh Kudus memberi tahu Anda apa yang perlu Anda ketahui — mungkin sebuah pelajaran hidup yang besar atau pengetahuan kecil yang Anda dapatkan di waktu yang tepat?
- Kapan Roh Kudus pernah menunjukkan ke mana Anda harus melangkah? Apakah saat ini Allah mendorong Anda untuk mengikuti-Nya ke suatu tempat sekarang?
- Sudahkah Anda belajar mengenali suara Allah? Seperti apakah suara Roh Kudus dalam hidup Anda?


Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 119:89-176; 1 Korintus 8


Roh Allah juga akan membantu Anda mencapai tujuan Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top