Apa Artinya Memiliki Kuasa Roh Kudus

| Sabtu, November 07, 2020 |

Roma 8: 2 "Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut."

Tidak ada seorang pun yang kebal terhadap dosa yang kerap muncul. Beberapa orang bergumul dengan amarah mereka, sementara yang lain bergumul dengan kekhawatiran, gosip, atau nafsu.

Bagaimana Anda membebaskan diri dari dosa yang kerap muncul?

Dengan mengerti apa yang telah Yesus lakukan buat Anda. Di kayu salib, Yesus telah menebus hukuman atas dosa-dosa Anda sehingga Anda tidak perlu menanggungnya. Semua dosa Anda -- bahkan yang belum Anda lakukan -- telah dibayar lunas di kayu salib

Namun Yesus bukan hanya telah menebus dosa Anda, tetapi Dia juga telah mematahkan kuasa dosa dalam hidup Anda. Sekarang Anda memiliki kuasa yang tidak Anda miliki sebelumnya -- kekuatan untuk mengatakan tidak pada dosa. Untuk bisa menolak dosa, dibutuhkan lebih dari sekedar kemauan. Itu memerlukan kuasa Roh Kudus!

Alkitab berkata dalam Roma 8: 2, "Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut."

Jika Anda adalah orang Kristen, Anda pasti tahu Yesus telah mati untuk menebus dosa Anda. Itu Kabar Baik. Seandainya saja hanya ada Kabar Baik, maka itu akan menjadi berita terbaik di dunia. Namun, ketika Dia mati di kayu salib, Yesus juga mengambil sifat lama kita dan memberi kita sifat baru, dimana kita tidak lagi harus hidup di dalam dosa yang terus-menerus muncul. "Karena kita tahu, bahwa manusia lama kita telah turut disalibkan, supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya, agar jangan kita menghambakan diri lagi kepada dosa" (Roma 6: 6).

Dosa tidak lagi punya kuasa apa pun dalam hidup Anda. Orang yang mati tidak bisa dicobai! Sifat lama Anda tidak bisa dicobai, dan karena sifat lama Anda telah mati bersama Kristus, maka Anda bisa yakin dan percaya bahwa Anda juga adalah bagian dari kehidupan baru milik-Nya.

Kemauan saja tidak akan pernah cukup untuk mematahkan kuasa dosa dalam hidup Anda. Namun, bersyukurlah, karena ada Yesus.

Renungkan hal ini:
- Dosa apa yang tetap ada dalam hidup Anda, bahkan setelah Anda menjadi seorang Kristen?
- Bagaimana Anda mengakses kuasa Roh Kudus ketika Anda menghadapi pencobaan?
- Dalam hal apa saja yang mengakibatkan kita masih hidup layaknya "hamba dosa," meskipun sifat lama kita telah disalibkan bersama Kristus?



Bacaan Alkitab Setahun :
Yehezkiel 40 - 44; II Timotius 4: 9-22


Anda memiliki lebih dari cukup kuasa di dalam Roh Kudus untuk menahan godaan dan memutus lingkaran setan atas dosa dan kematian.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top