Dosa Tidak Akan Pernah Bersifat Pribadi

| Sabtu, November 07, 2020 |

Roma 14: 7 "Sebab tidak ada seorangpun di antara kita yang hidup untuk dirinya sendiri, dan tidak ada seorangpun yang mati untuk dirinya sendiri."

Dosa boleh jadi rahasia, tetapi itu tidak akan pernah bersifat pribadi. Kelak dosa Anda akan terbuka, baik di bumi, ataupun di Hari Penghakiman. Semuanya itu akan diketahui.

Bilangan 32:23 merupakan salah satu ayat yang paling menakutkan di dalam Alkitab: "Tetapi jika kamu tidak berbuat demikian, sesungguhnya kamu berdosa kepada TUHAN, dan kamu akan mengalami, bahwa dosamu itu akan menimpa kamu." Alasan lain mengapa dosa tidak akan pernah bisa Anda simpan selamanya yaitu karena semua yang Anda lakukan, baik ataupun buruk, memengaruhi orang lain - bahkan apabila mereka tak tahu apa yang sedang terjadi.

Jika seseorang yang dekat dengan Anda begadang sepanjang malam melakukan sesuatu yang tak pantas dilakukan, dan kemudian melihat Anda di pagi hari, Anda pasti akan melihat ada sesuatu yang salah. Mungkin Anda tak tahu apa yang telah terjadi dengannya, tetapi akibat dari dosa mereka tersebut pasti terlihat jelas lewat tingkah laku mereka. Sangat sedikit orang yang bisa bertingkah seolah-olah tidak terjadi apa-apa.

Itu bahkan tidak serta merta harus dosa yang besar. Itu bisa saja berupa dosa kelalaian. Jika Anda melakukan waktu teduh yang teratur dengan Tuhan dan kemudian bolos melakukannya beberapa hari, mungkin akan ada suatu perbedaan dalam cara Anda merespons orang itu dan keadaan itu. Itu dikarenakan ketika Anda tidak terhubung dengan Tuhan, Anda tidak punya kekuatan spiritual yang dari Tuhan untuk melawan dosa.

Alkitab berkata dalam Roma 14: 7, "Sebab tidak ada seorangpun di antara kita yang hidup untuk dirinya sendiri, dan tidak ada seorangpun yang mati untuk dirinya sendiri."

Banyak orang akan berkata, "Apa yang saya lakukan dengan hidup saya bukanlah urusan orang lain. Sepanjang saya tidak menyakiti siapa pun, kenapa orang lain harus ikut campur dengan hidup saya?" Ya, tetapi Anda sedang menyakiti orang lain. Tuhan menciptakan kita untuk saling terhubung dengan orang lain, dan apa yang kita lakukan dan katakan selalu memberi dampak pada orang lain.

Dosa memengaruhi Anda melalui cara yang bahkan tidak Anda sadari, lalu tindakan Anda itu akan memengaruhi orang lain. Ketika Anda berbuat dosa, itu memutuskan Anda dari kuasa Tuhan dan menjauhkan Anda dari potensi Anda. Itu membatasi kebaikan yang sebenarnya bisa Anda lakukan serta dampak yang sebenarnya bisa Anda berikan kepada orang lain.

Bukankah sedih memikirkan apa yang Anda dan orang lain lewatkan saat Anda tidak berada dalam kondisi terbaik Anda seturut dengan rancangan Tuhan?

Renungkan hal ini:
- Bagaimana Anda bertindak dan berpikir secara berbeda ketika Anda memiliki dosa yang belum diakui?
- Bagaimana dengan mengakui dosa membuat Anda lebih dekat dengan Yesus?
- Dosa apa dalam hidup Anda yang perlu Anda akui? Menurut Anda, bagaimana hal tersebut dapat memengaruhi orang lain?


Bacaan Alkitab Setahun :
Yehezkiel 35 - 39; II Timotius 4: 1-8


Hanya ada satu cara untuk menjauh dari dosa yang menahan Anda dan yang menyakiti orang lain: Akuilah.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top