Saatnya untuk Mulai Meragukan Keraguan Anda

| Kamis, November 05, 2020 |

Yohanes 16: 9 "Akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku;"

Pada akar dari setiap dosa, setidaknya ada keraguan sesaat tentang Tuhan.

Dalam Yohanes 16: 9 Yesus berkata, "Akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku;" Ketika Anda tidak percaya bahwa Yesus adalah seperti yang Dia bilang atau tidak percaya bahwa Dia akan melakukan apa yang Dia katakan, itulah akar dari semua dosa.

Berikut ini beberapa perasaan yang bisa Anda selidiki yang dapat membantu Anda untuk menyadari apakah Anda sedang meragukan Tuhan.

Ketika Anda tidak sabar, itu menunjukkan keraguan Anda pada waktu Tuhan yang sempurna. Namun sayangnya, kita mudah sekali melupakan kebenaran ini saat kita ingin sesuatu terjadi sesuai dengan waktu kita sendiri — akibatnya, kita mengambil alih masalah kita sendiri ketimbang menunggu waktu Tuhan.

Ketika Anda menjadi kesal atau getir, itu mengungkapkan keraguan Anda pada hikmat Tuhan. Tuhan itu bijak, baik dan penuh kasih. Namun, saat perkara-perkara tidak berjalan seperti yang Anda rencanakan atau inginkan, Anda mengira Dia telah mengacaukan segalanya. Dan Anda menjadi tidak percaya bahwa Dia mampu mendatangkan kebaikan dari keburukan sekalipun.

Saat Anda tenggelam dalam perasaan bersalah, itu mengungkapkan ketidakpercayaan Anda pada pengampunan Tuhan. Berapa lama seharusnya seorang pengikut Yesus merasa bersalah? Sekitar satu detik. Itulah berapa lamanya waktu yang diperlukan untuk mengakui dosa. Jika Anda membawa-bawa rasa bersalah Anda, itu berarti Anda belum bisa mengampuni diri sendiri karena Anda tidak percaya bahwa Tuhan telah mengampuni Anda.

Ketika Anda merasa tidak mampu, itu mengungkapkan keraguan Anda pada kekuatan Tuhan. Tuhan mengatakan bahwa kuasa-Nya paling bagus muncul lewat kelemahan Anda. Akan tetapi, jika Anda tidak mempercayai kebenaran ini, itu menunjukkan bahwa Anda berpikir bahwa kekuatan datangnya hanya dari diri Anda sendiri. Bila Anda berpikir demikian, Anda akan selalu kecewa.

Apakah Anda ingin membalikkan perasaan takut, tidak sabar, dendam, rasa bersalah, dan ketidakmampuan Anda? Nah, Anda harus mulai meragukan semua keraguan Anda.

Jika Anda percaya pada Firman Tuhan, Anda dapat mempercayai apa yang dikatakan di sana tentang Tuhan serta caraNya menganggap Anda dan memelihara Anda. Percayalah bahwa Tuhan selalu menepati janji-Nya, waktu-Nya selalu tepat, Ia bijaksana, Ia telah mengampuni Anda, dan Ia bekerja dengan kuasa-Nya melalui Anda.

Renungkan hal ini:
- Apa yang bisa Anda lakukan untuk mengingatkan diri Anda tentang kebenaran Tuhan, ketika Anda mulai ragu?
- Dalam beberapa bulan terakhir, apakah keraguan Anda tentang Tuhan kian meningkat, atau kian menurun? Menurut Anda mengapa demikian?
- Dosa apa yang menjadi pergumulan terbesar Anda? Apa yang disingkapkan lewat dosa itu tentang ketidakpercayaan Anda pada Tuhan?



Bacaan Alkitab Setahun :
Yehezkiel 31 - 34; II Timotius 3: 10-17


Tuhan punya rencana atas hidup Anda, tetapi Dia tidak akan pernah terburu-buru.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top