Ambil Keputusan untuk Mengelola Pikiran Anda

| Senin, Januari 14, 2019 |
Mazmur 119: 112 "Telah kucondongkan hatiku untuk melakukan ketetapan-ketetapan-Mu, untuk selama-lamanya, sampai saat terakhir."

Alasan mengapa kebanyakan orang tidak efektif menjalani hidup adalah karena mereka tidak pernah belajar bagaimana berperang melawan pertempuran di dalam pikiran mereka.
Jika Anda ingin belajar mengelola pikiran Anda, Anda harus bebas dari pikiran yang merusak. Itu tidak mudah, karena ada tiga musuh yang membuat Anda tidak bisa mewujudkan niat Anda untuk mengubah hidup Anda.

1. Musuh pertama adalah sifat lama Anda.
Paulus berkata dalam Roma 7:23, "Tetapi di dalam anggota-anggota tubuhku aku melihat hukum lain yang berjuang melawan hukum akal budiku dan membuat aku menjadi tawanan hukum dosa yang ada di dalam anggota-anggota tubuhku."
Apakah Anda pernah melakukan hal-hal yang sebenarnya tidak ingin Anda lakukan? Itulah pertempuran di otak Anda; antara sifat lama Anda yang penuh dosa dengan niat baik Anda.

2. Musuh kedua adalah Setan.
Setan tidak bisa memaksa Anda untuk melakukan ini itu, tetapi dia dapat memberi saran, dan saran itu pengaruhnya sangat kuat. Dia terus menanam pikiran negatif ke dalam pikiran Anda. Dia akan menggunakan orang atau menggunakan TV atau memunculkan ide-ide buruk ke dalam pikiran Anda.

3. Musuh ketiga adalah sistem penilaian dunia.

Apakah ada sesuatu dalam budaya kita yang memotivasi kita untuk disiplin? Tidak banyak. Iklan-iklan mendoktrin kita, "Anda layak beristirahat hari ini. Lakukan kata hati Anda. Kami siap mewujudkannya."

Alkitab berkata dalam 1 Yohanes 2:16, "Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia."

Dengan ketiga musuh itu, tidak heran kita bergumul dengan keputusasaan, kemunduran, dan kegagalan!

Jadi, bagaimana Anda melawan pertempuran ini? Lihatlah apa yang dikatakan 2 Korintus 10: 3-5: "Memang kami masih hidup di dunia, tetapi kami tidak berjuang secara duniawi, karena senjata kami dalam perjuangan bukanlah senjata duniawi, melainkan senjata yang diperlengkapi dengan kuasa Allah, yang sanggup untuk meruntuhkan benteng-benteng. Kami mematahkan setiap siasat orang dan merubuhkan setiap kubu yang dibangun oleh keangkuhan manusia untuk menentang pengenalan akan Allah. Kami menawan segala pikiran dan menaklukkannya kepada Kristus,"

Anda punya pilihan. Pikiran Anda harus mendengarkan Anda. Tuhan tidak memberi Anda pikiran tanpa tujuan. Dia memberi Anda kehendak! Waktu terbaik untuk memenangkan pertempuran melawan godaan ialah sebelum itu dimulai.

"Telah kucondongkan hatiku untuk melakukan ketetapan-ketetapan-Mu, untuk selama-lamanya, sampai saat terakhir" (Mazmur 119: 112).

Renungkan hal ini:
- Apakah Anda percaya bahwa dengan mengikuti aturan dan perintah Allah mendatangkan kemerdekaan dan membantu Anda menikmati hidup Anda? Mengapa atau mengapa tidak?
- Apa yang Setan gunakan dalam kehidupan Anda secara khusus dan secara pribadi agar Anda jauh dari pikiran dan perilaku yang merusak?
- Langkah-langkah apa yang dapat Anda ambil untuk menghafal Firman Allah sehingga Anda dapat memenangkan pertempuran di dalam pikiran Anda dengan lebih efektif?



Bacaan Alkitab Setahun :
Kejadian 31-32; Matius 9:18-38


Anda berkuasa atas pikiran Anda. Anda bebas menentukan pilihan, membiarkan Tuhan masuk dan mengontrol pikiran kita untuk hal rohani yang kekal, ataukah setan dan dunia dengan segala kenikmatan sesaatnya.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top