Yesus Ingin Menanggung Beban Anda

| Jumat, Januari 11, 2019 |
Matius 11: 28-30 "Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan."

Saya tidak tahu beban apa yang sedang Anda tanggung. Saya tidak tahu apa yang membebani Anda. Tapi saya tahu jawabannya.

Yesus berkata, "Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan" (Matius 11: 28-30).

Selama bertahun-tahun saya tidak pernah mengerti ayat ini, karena saya tidak tahu apa kuk itu. 

Ketika Yesus berkata, "Pikullah kuk yang Kupasang," itu terdengar seakan-akan Ia hendak memberi saya beban lain lagi. Beban saya sudah cukup berat, Tuhan! Saya tidak mau menanggung permasalahan-Mu!

Kemudian saya belajar bahwa kuk adalah sebuah palang kayu lengkung yang dipasang di tengkuk kerbau untuk menarik bajak. 

Kuk itu berharga sebab masing-masing hewan menanggung setengah beban. Tapi tanpa adanya kuk, seekor sapi harus menarik seluruh beban itu seorang diri. Tetapi jika Anda menggandeng sapi satu dengan sapi lain, maka kedua binatang itu menarik beban bersama-sama, dan bebannya setengah berat.

Ketika Yesus memerintahkan untuk memikul kuk yang Ia pasang, Dia tidak berkata akan memberi Anda masalah. Yesus tidak punya masalah! Maksud-Nya adalah Ia akan berbagi masalah Anda. Dia akan berbagi beban Anda. Dia akan membawa stres Anda ke atas diri-Nya dan menanggungnya bersama Anda.

Wah!
Dia menggunakan tiga kata kerja penting dalam ayat ini: marilah, belajar, dan pikullah. Yesus seolah berkata, "Datanglah kepada-Ku. Bekerjalah bersama-Ku. Lalu, belajarlah bagaimana Aku melakukannya. Pikullah beban yang lebih ringan itu. Itu akan mengurangi stresmu. Itu akan membuatmu lebih mudah melangkah."

Renungkan hal ini:
- Mengapa kadang sulit menerima bantuan dari seseorang yang ingin berbagi beban Anda dan yang ingin mempermudah Anda?
- Apakah Anda punya orang-orang di dalam hidup Anda yang bersedia melakukan itu untuk Anda? Bagaimana Anda mengulurkan bantuan untuk mengurangi stres mereka?
- Yesus telah terlebih dahulu tahu tentang stres Anda. Apakah Anda siap untuk memikul kuk-Nya? Jika tidak, apa yang menghalangi Anda?



Bacaan Alkitab Setahun :
Kejadian 23-24; Matius 7


Ketika Anda bekerja bersama Kristus, Anda bergerak bersama dengan-Nya. Anda bergerak ke arah yang sama dan di dalam kecepatan yang sama. Anda bergerak ke arah yang tepat dan pada kecepatan yang tepat.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top