Di Lembah Bayang-Bayang, Lihatlah Terang

| Minggu, Januari 13, 2019 |
Mazmur 23: 4 "Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku."

Kehilangan adalah sumber stres yang paling lazim. Anda bisa kehilangan pekerjaan, kesehatan, uang, reputasi, atau orang yang Anda cintai.

Ketika seseorang menghadapi kehilangan, Anda melihat dua reaksi yang paling umum: Ketakutan dan kesedihan. Kesedihan itu baik. Kesedihan adalah cara kita melewati transisi kehidupan. Malah, jika Anda tidak berduka, Anda terjebak! Kesedihan tidak akan membunuh Anda jika Anda mengeluarkannya.

Sebaliknya, ketakutan adalah hal yang buruk. Alkitab tidak pernah berkata, "Jangan berduka," "Jangan bersedih,"Jangan menangis," atau "Jangan meratapi." Tapi sebaliknya, Alkitab mengatakan, "Jangan takut." Dan itu dicatat 365 kali! Kesedihan tidak melumpuhkan, tetapi ketakutan iya.

Daud berkata dalam Mazmur 23: 4, "Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku." 

Gembala selalu membawa tongkat dan gada untuk melindungi domba mereka.Daud tahu bahwa dengan cara itu, Tuhan memiliki alat untuk melindungi dia, dan dia memegang janji Tuhan, bahkan di lembah yang paling gelap sekalipun.

Anda mungkin sedang melewati lembah bayang-bayang sekarang - mungkin lembah bayang-bayang kematian. Mungkin lembah bayang-bayang hutang. Mungkin lembah bayang-bayang konflik. Mungkin lembah bayangan depresi. Mungkin lembah bayangan keputusasaan.

Bayangan itu menakutkan. Anda ingat waktu kecil Anda takut melihat bayangan saat Anda mencoba untuk tidur? Saya sudah belajar beberapa hal tentang bayangan.

Pertama, bayangan tidak bisa melukai Anda.

Kedua, bayangan selalu lebih besar dari objeknya. 

Ini kabar baik lainnya: Di mana pun ada bayangan, pasti ada cahaya. Tidak ada bayangan jika tiada cahaya. Jadi, rahasianya ketika Anda melewati lembah bayang-bayang ialah berbalik dari bayangan dan melihat cahaya. Karena selama Anda terus melihat ke arah cahaya — Yesus, cahaya dunia — bayangan itu tidak akan membuat Anda takut.

Begitulah cara Anda melewati lembah bayang-bayang kematian. Itulah cara Anda menurunkan stres. Anda tetap percaya kepada Tuhan di tengah-tengah pergumulan Anda, sama seperti Daud yang berdoa, "Ketika semangatku lemah lesu di dalam diriku, Engkaulah yang mengetahui jalanku. Di jalan yang harus kutempuh, dengan sembunyi mereka memasang jerat terhadap aku" (Mazmur 142: 3).

Renungkan hal ini:
- Bayang-bayang apa yang baru-baru ini Anda hadapi? Mengapa itu begitu menakutkan bagi Anda?
- Bagaimana dengan menghafal Alkitab membantu Anda untuk mengatasi ketakutan dalam hidup Anda?
- Mengapa rasa takut membuat orang stres? Bagaimana hal itu membuat Anda tak berdaya dan membuat Anda tidak melakukan apa yang Tuhan minta Anda lakukan?


Bacaan Alkitab Setahun :
Kejadian 27-28; Matius 8:18-34


Jangan takut ! Percayalah Tuhan lebih besar dari masalahmu.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top