Melakukan Kasih Artinya Berani Mengambil Resiko

| Sabtu, Oktober 06, 2012 |
Agar dapat mengasihi sesama seperti diri Anda sendiri, kita harus bersedia mengambil risiko.
Seringkali, satu hal yang menahan kita untuk menolong orang lain adalah ketakutan kita sendiri.
Ketakutan membentuk kita menjadi orang yang tidak baik.
Orang-orang yang paling kejam adalah orang-orang yang penuh dengan ketakutan.
Bayangkan rasa takut yang bisa saja dirasakan oleh orang Samaria yang baik - namun rasa takutnya adalah hal yang wajar.

Dia bisa saja berkata, "Bagaimana jika aku mendekat dan membantu orang ini, tetapi ternyata para perampok itu masih ada disini? Mereka akan merampok saya juga, lalu mengambil pakaian saya, keledai saya, kekayaan saya."

Dia bisa saja berkata, "Bagaimana jika aku mendekat dan membantu orang ini, tapi ternyata ini sebuah jebakan? Dia lompat, memukuli saya, mengambil semua harta saya, dan lalu meninggalkan saya di pinggir jalan?" atau "Bagaimana jika ia menolak bantuan saya?" (Yahudi dan Samaria berbeda ras, agama, dan politik) atau "Bagaimana jika saya yang malah dituduh melakukannya?"

Saat ini kita mungkin berkata, "Bagaimana kalau dia menuntut saya?" atau "Bagaimana jika saya tidak tahu apa yang harus dilakukan?" atau "Bagaimana jika saya tidak tahu harus berkata apa?"

Ada satu ketakutan besar yang tidak suka kita bicarakan.
Tapi, saya akan mengatakannya kepada Anda.
Bahwa kita sering tidak mau terlibat dalam penderitaan dan kehancuran orang lain, karena mereka mengingatkan kita akan penderitaan dan kehancuran kita sendiri.
Kita telah menekan penderitaan dalam hidup kita, dan kita ingin tetap memasang penutup yang rapat diatasnya.

Itulah mengapa kita perlu membiarkan Tuhan menumbuhkan kasih-Nya di dalam diri kita, sehingga kita dapat mengasihi sesama seperti Tuhan mengasihi kita.
Alkitab mengatakan, "Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih." (1 Yohanes 4:18)

Apa hal-hal yang Anda takuti yang mungkin menahan Anda dari mengasihi orang lain?
Bagaimana ketakutan itu dimulai?
Bawa ketakutan Anda kepada Tuhan dan minta Dia untuk membantu Anda agar percaya pada-Nya: "Karena Tuhanlah yang akan menjadi sandaranmu, dan akan menghindarkan kakimu dari jerat" (Amsal 3:26)
____________________________________

Lukas 10:34-35, "Ia pergi kepadanya lalu membalut luka-lukanya, sesudah ia menyiraminya dengan minyak dan anggur. Kemudian ia menaikkan orang itu ke atas keledai tunggangannya sendiri lalu membawanya ke tempat penginapan dan merawatnya. Keesokan harinya ia menyerahkan dua dinar kepada pemilik penginapan itu, katanya: Rawatlah dia dan jika kaubelanjakan lebih dari ini, aku akan menggantinya, waktu aku kembali."
____________________________________

Bacaan Alkitab Setahun :
Yesaya 25-28; Filipi 1:12-30
____________________________________

Rasa takut dan khawatir dapat menghambat kita dalam membantu orang lain, jauhkanlah dan serahkanlah rasa itu kepada Tuhan. Dengan demikian Anda dapat membantu orang lain dengan tulus tanpa rasa takut.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)
____________________________________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top