Diselamatkan

| Jumat, Maret 21, 2014 |
Diselamatkan

Roma 5:9 "Lebih-lebih, karena kita sekarang telah dibenarkan oleh darah-Nya, kita pasti akan diselamatkan dari murka Allah."

Kepala penjara yang menjaga Paulus dan Silas bertanya, "Tuan-tuan, apakah yang harus aku perbuat, supaya aku selamat?"

Jawaban yang diberikan Paulus dan Silas amatlah kuat: "Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat," (Kisah Para Rasul 16:31).

Apa artinya? Kata "percaya" disini bukan hanya sekedar mengakui adanya Yesus karena fakta-fakta sejarah, tetapi mengakui adanya Allah, dan bahkan mengakui jika Yesus Kristus adalah Anak Allah.
Percaya, dalam pengertian Alkitab, jauh lebih dari itu, karena Alkitab mengatakan bahwa "Engkau percaya, bahwa hanya ada satu Allah saja? Itu baik! Tetapi setan-setanpun juga percaya akan hal itu dan mereka gemetar" (Yakobus 2:19).
Iblis mengakui keberadaan Allah, tapi mereka tidak percaya kepada-Nya.

Percaya berarti berpegang dan setia pada sesuatu.
Percaya juga berarti melepaskan.
Jadi dalam pengertian Alkitabiah, 'percaya' berbicara tentang melepaskan satu hal dan berpegang pada hal lain.
Kita dilepaskan dari dosa dan bersandar pada Kristus, dan hanya Kristuslah yang bisa menyelamatkan kita.
Jadi, bukan Kristus plus perbuatan baik yang akan menyelamatkan kita.
Hanya Kristus yang bisa.

Saya membaca sebuah artikel tentang seorang pendeta dari sebuah gereja besar yang mengatakan bahwa ia percaya jika pendeta tidak perlu menggunakan kata "diselamatkan" lagi dalam khotbah, sebab orang-orang tidak akan memahaminya.
Tapi saya pikir "diselamatkan" adalah kata yang yang mempunyai kuasa, dan saya akan tetap menggunakannya karena ada dalam Alkitab.

Menurut saya, kata "diselamatkan" ialah istilah yang sudah cukup jelas.
Ketika seseorang terjebak dalam gelombang air pasang dan kemudian penjaga pantai menariknya keluar, kita bisa katakan jika sang penjaga pantai menyelamatkannya.
"Diselamatkan" juga kata yang paling tepat digunakan ketika kita berbicara tentang pertobatan/konversi, karena sebelum kita menaruh iman percaya kita di dalam Kristus, kita sedang menuju kepada hukuman kekal.

Jadi jika kita berkata telah diselamatkan, maka itu kata yang sempurna untuk menggambarkan keselamatan yang dari Kristus.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Greg Laurie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top