Tidak Ada Tempat Untuk Kesombongan

| Jumat, September 12, 2014 |

1 Yohanes 2:15-16 "Janganlah kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya. Jikalau orang mengasihi dunia, maka kasih akan Bapa tidak ada di dalam orang itu. Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia."

Beberapa orang selalu ingin menjadi pusat perhatian, selalu ingin menjadi bintang, selalu ingin menjadi yang terbaik dibanding orang lain.
Namun Alkitab berkata, "Marilah kita hidup dengan sopan, seperti pada siang hari, jangan dalam pesta pora dan kemabukan, jangan dalam percabulan dan hawa nafsu, jangan dalam perselisihan dan iri hati" (Roma 13:13).
Kata "perselisihan" dalam ayat ini mengacu pada cekcok, pertengkaran kecil, dan permusuhan yang berlangsung secara berlarut-larut.
Ini mencerminkan semangat saling bermusuhan.
Satu sama lain saling berjuang untuk menang, tak peduli biaya atau akibat yang ditanggung oleh dirinya sendiri atau orang lain.
Ini sungguh suatu hasrat untuk menang atas orang lain.

Seseorang dengan sifat ini adalah dia yang mendambakan martabat, kekuasaan, dan pengakuan tertinggi di masyarakat.
Ini adalah seseorang yang harus selalu berada di jajaran teratas.
Sedangkan kata "iri hati" mengacu pada seseorang yang tidak tahan jika dilampaui, dan menginginkan kesuksesan serta posisi orang lain.
Mereka awalnya cukup senang dengan hidup mereka sampai orang lain mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan.
Ada pepatah yang mengatakan, "iri hati yang ditunjukan kepada seseorang akan melukai diri sendiri." Dan memang benar, akhirnya, satu-satunya orang yang terluka adalah Anda.

Orang yang Anda iri bahkan mungkin tidak tahu (mungkin tidak peduli) dengan Anda.
Seorang nelayan kepiting pernah ditanya mengapa ia tidak menutup ember yang ia gunakan untuk menaruh tangkapannya.
Dia menjawab, "Jika salah satu kepiting memanjat keluar, yang lain akan mengejarnya dan menariknya turun kembali." Kita juga melakukan hal yang sama, bukan? "Hei kau, turun kembali ke sini bergabung dengan kami semua! Bisa-bisanya kau seorang yang berhasil? Beraninya kau menjadi yang terbaik?"
Rasul Paulus memperingatkan, "Tetapi jikalau kamu saling menggigit dan saling menelan, awaslah, supaya jangan kamu saling membinasakan" (Galatia 5:15).

Bacaan Alkitab Setahun :
Amsal 5-7; II Korintus 3

Sebagai orang percaya, pesaing kita adalah keinginan daging, keinginan mata, dan keangkuhan hidup (lihat 1 Yohanes 2:15-16), bukan dengan sesama orang percaya.
(Diterjemahkan dari Daily Devotion by Greg Laurie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top