Gerakan Kecil Yang Membuat Perbedaan Besar

| Minggu, Februari 01, 2015 |

1 Tesalonika 5:14 Kami juga menasihati kamu, saudara-saudara, tegorlah mereka yang hidup dengan tidak tertib, hiburlah mereka yang tawar hati, belalah mereka yang lemah, sabarlah terhadap semua orang.

Ketika Anda memberi pelayanan kepada seorang teman yang sedang sekarat, Anda bukan hanya harus ada disana untuk mendukungnya, tetapi juga harus memberi bantuan yang berguna. Apa maksudnya? Anda bersedia melakukan apa saja untuk membantu teman Anda, termasuk membantu dalam hal-hal kecil yang praktis.

Seseorang yang sedang sekarat biasanya merasa sakit di sekujur tubuhnya. Anda bisa menghibur mereka dengan mengurus hal-hal kecil yang bisa membawa perbedaan besar buat mereka. Apakah mereka ingin lampunya dimatikan atau dinyalakan? Apa mereka ingin makan chip es untuk menyejukkan tenggorokan mereka? Apa punggung mereka butuh dipijat? Anda bisa menunjukkan kasih sayang Anda dengan memerikan bantuan-bantuan praktis untuk meringankan rasa sakit dan rasa tak nyaman mereka.

Jangan takut bertanya. Jangan takut menyarankan sesuatu. Alkitab berkata, Kami juga menasihati kamu, saudara-saudara, tegorlah mereka yang hidup dengan tidak tertib, hiburlah mereka yang tawar hati, belalah mereka yang lemah, sabarlah terhadap semua orang (1 Tesalonika 5:14).

Orang yang sakit tidak bisa merasakan kebahagiaan. Ketika seseorang sekarat, biasanya mereka gampang marah karena seluruh tubuh mereka terasa sakit. Untuk itu, Anda harus menunjukkan kasih sayang Anda dengan mentolerir kemarahan mereka, dan dengan memperpanjang kebaikan serta kesabaran Anda kepada mereka.

Mengapa ini penting? Karena salah satu ketakutan yang banyak orang hadapi saat mereka sedang berada di ujung maut ialah takut kehilangan kendali tubuh. Pertama, mereka tidak bisa mengendarai mobil mereka sendiri, lalu mulai tak bisa berjalan atau turun dari tempat tidur, lalu yang lebih parah tak bisa ke toilet sendiri.

Anda bisa melayani orang lain yang sedang sekarat dengan semudah memperhatikan kebutuhan mereka tapi juga memberi mereka pilihan-pilihan dalam menghadapi pergumulan ini. Setiap kali Anda memberi piihan kepada mereka, berikan masukan, Apa kau mau memakai atau melepas sendalmu? Apa kau ingin nonton TV? Apa kau ingin sarapan sekarang atau nanti?

Kadang gerakan yang paling kecil atau bantuan kecil yang praktis bisa memberi pengaruh yang paling besar.

Renungkan Hal ini :

Situasi apa yang Anda hindari sebab Anda tak tahu bagaimana caranya memberi pelayanan atau bantuan kepada orang lain?

Bagaimana sikap Anda berubah ketika memahami arti dari kehadiran Anda dan bantuan- bantuan kecil yang bisa Anda berikan?

Apabila Anda sedang menghadapi maut, bagaimana Anda ingin orang lain melayani Anda?

Bacaan Alkitab Setahun :
Keluaran 25,26; Matius 20:17-34

Gerakan kecil yang tidak terlihat justru merupakan bantuan yang dibutuhkan oleh seseorang (Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top