Untuk Perubahan Yang Kekal, Tinggalkan Yang Lama, Mulai Yang Baru

| Jumat, April 24, 2015 |

Roma 12:2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Jika Anda ingin memiliki perubahan yang kekal dalam hidup Anda, Anda perlu memfokuskan kembali pikiran Anda.

Secara spesifik, Anda perlu mengubah pola pikir Anda, dari bertumpu pada apa yang tak ingin Anda pikirkan kepada apa yang ingin Anda fokuskan. Mengapa? Karena apa yang Anda fokuskan, kesitulah Anda menuju.

Bacaan kita hari ini memberi kita cetak biru dalam mengubah pola pikir kita: Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu (Roma 12:2a).

Jangan meniru. Pikirkan seberapa sering kita membiarkan orang lain membentuk hidup kita? Allah tidak ingin Anda menjadi seperti orang lain; Dia ingin Anda menjadi seperti apa yang Ia rancangkan. Jadi, jangan meniru, jangan ikut-ikut, dan jangan mencoba untuk menjadi seperti orang lain. Ada banyak hal yang awalnya hanya coba-coba mengikuti orang lain, lalu lama-kelamaan berubah menjadi kebiasaaan.

Jangan mengikuti pola dunia ini. Pola disini berarti contoh atau teladan atas segala sesuatu yang Anda pelajari dalam hidup. Jika Anda ingin berubah, Anda harus mengubah pola atau teladan hidup Anda. Anda harus mengganti pola lama yang tak sehat Anda dengan yang teladan baru, yaitu kehidupan Kristus.

Bertransformasi dengan memperbarui pikiran Anda. Transformasi adalah kata yang kerap kita gunakan untuk menggambarkan sebuah metamorfosis, seperti proses ulat berubah menjadi kupu-kupu. Begitu pun dengan kita, Allah ingin mengubah Anda menjadi orang yang sama sekali baru, dengan memperbaharui pikiran Anda.

Bagaimana caranya? Alkitab memberitahu kita dalam Efesus 4:22-24, "Yaitu bahwa kamu, berhubung dengan kehidupan kamu yang dahulu, harus menanggalkan manusia lama, yang menemui kebinasaannya oleh nafsunya yang menyesatkan, supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu, dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya.

Ini berarti Anda harus melakukan beberapa penundaan dan tindakan (action), dimana tindakan itu harus terjadi sebelum Anda menunda sesuatu. Ini ibaratnya mencoba pakaian di toko. Sebelum Anda bisa mencoba baju baru, Anda harus menanggalkan baju yang lama.

Anda harus meninggalkan tingkah laku yang lama, pola pikir yang lama dan imej lama Anda dengan hidup yang baru dan mengenakan pakaian baru yang Allah sediakan untuk Anda, agar hidup Anda dapat diperbarui dan menjadi lebih seperti Kristus.

Renungkan hal ini : 

Apa teladan hidup yang telah menjadi dasar hidup Anda yang mungkin tidak sehat dan harus Anda ganti? Mengapa itu bisa mengakar sampai sekarang? 

Bagaimana Anda tahu apa kehendak Allah dalam hidup Anda?

Mengapa Anda berpikir bahwa Allah menempatkan begitu banyak penekanan pada pikiran, pola pikir dan sikap kita, ketika Ia berbicara tentang penyembuhan luka, kebiasaan, dan ketakutan Anda?

Bacaan Alkitab Setahun :
1 Samuel 7-9; Lukas 9:18-36

Dengan mengerti kehendak Allah maka Anda telah meninggalkan manusia lama Anda dan kini telah memakai manusia yang baru yang diperbaharui dari hari ke hari oleh Allah (Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top