Kasih Karunia Tuhan Menutupi Rasa Bersalah

| Minggu, Maret 12, 2017 |
Roma 8: 1 "Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus."

Rasa bersalah ada bersama dengan keberadaan manusia. Karena tidak ada seorangpun yang sempurna, kita semua pasti pernah tergoda untuk merasa bersalah atas kesalahan masa lalu kita. Dosa mendatangkan rasa bersalah.

Itu artinya kebutuhan kita akan kasih karunia Allah dalam kehidupan kita ialah sama mendasarnya dengan keberadaan dari rasa bersalah.

Allah tak ingin Anda berkutat dengan rasa bersalah Anda. Itulah sebabnya Ia mengutus Yesus untuk mati di kayu salib demi menebus segala dosa Anda.

Alkitab mengatakan, "Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya, yang dilimpahkan-Nya kepada kita dalam segala hikmat dan pengertian" (Efesus 1: 7-8).

Inilah kebenaran yang paling mendasar tentang Kekristenan: Yesus Kristus telah menebus dosa-dosa Anda. Anda hanya perlu sepakat dengan kebenaran ini. Sebab Yesus telah mati bagi kita, maka kita sekarang bebas dari penghukuman, kekhawatiran, dan kematian. Bahkan apabila tidak ada Surga, tak akan sia-sia jika kita menjadi pengikut Yesus, sebab kita akan terbebas dari rasa bersalah.

Roma 8: 1 mengatakan, "Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus." "Tidak ada penghukuman" artinya Allah tidak menilai Anda atas segala kesalahan yang telah Anda buat jika Anda percaya pada Kristus. Itu karena Yesus telah meletakkan hukuman itu ke atas bahu-Nya di kayu salib. Allah tidak perlu menghukum Anda karena Yesuslah yang telah menanggung hukuman itu. Dia tidak perlu menghukum Anda karena Yesus telah menanggung penghukuman Anda.

Itu artinya Anda tak memerlukan rasa bersalah itu. Perhatikan bahwa ayat di atas tidak mengatakan bahwa setelah Anda menjadi orang Kristen, maka Anda tidak akan berdosa. Anda masih akan melakukan dosa. Anda masih akan melakukan kesalahan. Anda masih akan gagal dan terlihat bodoh. Namun Yesus telah membayar harga untuk kegagalan-kegagalan Anda itu. 

Anda bisa bebas dari rasa bersalah!


Renungkan hal ini:

Bagaimana rasa bersalah memberi dampak atas hidup Anda selama ini?

Menurut Anda mengapa Anda tergoda untuk merasa bersalah atas dosa masa lalu Anda meskipun Yesus telah membayar konsekuensi yang seharusnya Anda terima?

Bagaimana kebebasan atas rasa bersalah Anda dapat mengubah kehidupan banyak orang Kristen?


Bacaan Alkitab Setahun :
Ulangan 17-19; Markus 13:1-20


Percayalah bahwa Tuhan telah mengampuni Anda dan tidak lagi mengingat - ingat kesalahan Anda. Terus hidup dalam rasa bersalah, berarti Anda mengecilkan karya penebusan dan kasih karunia Tuhan dalam pengorbanan Kristus Yesus.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top