Jangan Hanya Membicarakannya, Lakukanlah!

| Sabtu, Januari 27, 2018 |
Amsal 14:23 "Dalam tiap jerih payah ada keuntungan, tetapi kata-kata belaka mendatangkan kekurangan saja."

Apa yang Anda ucapkan berhubungan langsung dengan hati Anda.

Apapun yang mengisi hati Anda pasti akan keluar dari mulut Anda. Jika hati Anda dipenuhi dengan kemarahan, maka kemarahan akan keluar dari mulut Anda. Jika hati Anda dipenuhi dengan depresi, maka kesedihan akan keluar dari mulut Anda. Jika hati Anda dipenuhi dengan sukacita, maka sukacita akan keluar dari mulut Anda. 

Alkitab mengatakan dalam Markus 12:30, "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu." Singkat kata, kasihi Tuhan dengan semua ucapan Anda, dengan semua perasaan Anda, dengan semua pikiran Anda, dan dengan semua tingkah laku Anda. Pada intinya, Tuhan membentuk Anda untuk menjadi seorang pembicara, perasa, pemikir, dan pelaku.

Orang-orang yang senang berbicara sulit untuk diam. Mereka adalah seorang pembicara. Mereka tak tahan jika harus menyimpan apa yang ada di hati mereka, di pikiran mereka. Mereka harus memberitahu orang lain. Mereka amat senang bercerita. Mereka senang duduk bercakap-cakap, terutama percakapan yang dari hati ke hati. 

Akan tetapi, dunia ini membutuhkan para komunikator. Kita membutuhkan orang-orang yang bisa memimpin diskusi dan yang bisa menggambarkan secara verbal apa yang kita semua rasakan. Kita butuh guru, konselor, dan pelatih yang bisa mengajarkan kita dan mengarahkan kita. Kita butuh komedian. Kita butuh pengkhotbah. Kita membutuhkan orang-orang itu yang dibentuk oleh Tuhan dengan kemampuan verbal dan yang mampu membuat dunia ini maju.

Namun Tuhan juga memberi pengingat bagi para pembicara: Engkau juga harus menjadi pelaku. Amsal 14:23 mengatakan, "Dalam tiap jerih payah ada keuntungan, tetapi kata-kata belaka mendatangkan kekurangan saja." Itu artinya Anda harus melakukan apa yang Anda katakan, baik kepada orang lain atau kepada diri Anda sendiri. Beberapa orang tidak pernah bisa lolos tahap diskusi ini- diskusi dengan diri mereka sendiri. Apa yang sedang Anda lakukan dengan hidup Anda? Mungkin Anda akan menjawab, "Saya sedang membicarakan untuk melakukannya." Nah, sudah berapa lama Anda membicarakannya? "Sudah tiga tahun." Lalu, kapan Anda akan berhenti membicarakannya, dan mulai melaksanakannya?

Renungkan hal ini: 
- Apa yang sedang Anda bicarakan selama berminggu-minggu ini atau bahkan berbulan-bulan ini?
- Anda harus melangkah maju. Cara-cara apa yang bisa Anda lakukan hari ini untuk bisa melangkah maju? Jangan hanya membicarakannya. Lakukanlah!
- Siapa yang bisa membimbing Anda untuk melaksanakan hal-hal yang Anda tahu Tuhan ingin Anda lakukan di saat Anda melangkah maju?



Bacaan Alkitab Setahun :
Keluaran 16-18; Matius 18:1-20


Lakukanlah apa yang Anda perkatakan. Iman tanpa perbuatan adalah mati.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top