Roh Kudus Membuat Firman Tuhan Ditujukan Secara Pribadi Untuk Anda

| Rabu, Januari 17, 2018 |
Yohanes 14:26 "Tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu."

Untuk memahami cara kerja doa, Anda harus memahami bahwa Tuhan berbicara dalam dua cara. Secara umum, Dia berbicara kepada semua orang- disebut logos. Dan Dia juga berbicara secara pribadi kepada masing-masing individu melalui Firman-Nya, disebut rhema. Itulah salah satu cara bagaimana Tuhan menjawab doa Anda.

Bagaimana Tuhan berbicara kepada kita secara pribadi?

Alkitab mengatakan bahwa adalah tugas Roh Kudus untuk menggunakan Alkitab dan menunjukkan kepada kita bagaimana Firman-Nya itu bisa kita terapkan secara pribadi:
"Tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu" (Yohanes 14:26).
"Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran;" (Yohanes 16: 13a).

Dalam dua ayat ini, Yesus mengatakan bahwa Roh Kudus melakukan tiga hal dalam hidup kita: Ia mengajar kita, mengingatkan kita, dan menuntun kita. Dengan kata lain, Ia menggunakan logos dan mengubahnya menjadi rhema. Rhema berfungsi untuk memberi kita peneguhan dan petunjuk secara pribadi.

Rhema terjadi setiap saat! Itu juga terjadi pada Anda! Pernahkah Anda mengikuti kebaktian di mana ketika pendeta berkhotbah, tiba-tiba Anda merasa ia seolah-olah tengah berbicara langsung kepada Anda? Anda bertanya-tanya, "Bagaimana orang itu tahu saya sedang memiliki masalah ini? Bagaimana dia tahu Firman itu yang saya butuhkan saat ini?" Pada saat itu, Tuhan menggunakan Firman yang Ia tujukan untuk semua orang dan mengubahnya secara spesifik untuk Anda. Dia memberi Anda sebuah rhema.

Pernahkah Anda berbicara dengan teman atau tetangga Anda soal masalah pribadi mereka dan berpikir, "Apa yang harus saya katakan kepadanya sekarang," lalu tiba-tiba, sebuah ayat Alkitab muncul di pikiran Anda – di saat yang tepat dan dimana ayat itu ialah yang benar-benar Anda perlu bagikan kepada mereka? Bagaimana itu bisa terjadi? Tuhan memberi Anda sebuah rhema. Roh Kudus memberi Anda sebuah Firman yang spesifik, pada waktu yang spesifik, dan dalam situasi yang spesifik. 

Begitulah cara Tuhan bekerja dalam hidup kita. Roh Kudus menggunakan Firman Tuhan dan menunjukkan kepada kita bagaimana kita bisa melaksanakannya. 

Salah satu bukti Tuhan memberikan Anda sebuah rhema adalah bahwa itu membangun iman yang luar biasa dalam hidup Anda. Rhema selalu menghasilkan iman. Rasul Paulus mengatakan bahwa iman datang dengan mendengarkan rhema Allah, yang menghasilkan kehidupan doa yang lebih kuat dan efektif ketika Anda melihat Firman Allah bekerja dalam hidup Anda.

Renungkan hal ini: 
- Gambarkan sebuah masa ketika Tuhan memberi Anda sebuah rhema.
- Apakah Anda menyambut atau menolak karya Roh Kudus dalam hidup Anda? Jelaskan mengapa.
- Bagaimana iman menghasilkan kehidupan doa yang lebih efektif?


Bacaan Alkitab Setahun :
Kejadian 31-32; Matius 9:18-38


Tuhan membuat Firman-Nya nyata dalam hidup kita.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top