Tuhan Tahu Anda dan Kebutuhan Anda

| Selasa, Maret 27, 2018 |
Galatia 6: 9 "Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah."

Tuhan itu Maha Tahu. Itu artinya Dia tahu segalanya, termasuk segala hal tentang Anda dan kehidupan Anda. Tuhan tahu tentang kesalahan dan kegagalan Anda, perasaan Anda dan frustrasi Anda dan masa depan Anda.

Tuhan juga tahu ketakutan Anda. Dia tahu segala hal yang membuat Anda stres. Contohnya, banyak dari kita hari ini yang prihatin dengan perekonomian kita sehingga kita memiliki kecemasan akan keuangan kita. Kemudian kita bersungut-sungut seolah Tuhan tidak tahu tentang tagihan dan hutang kita. "Apa Engkau tidak melihatnya, Tuhan? Saya akan jatuh bangkrut! Saya akan gagal total!" Kita fokus bekerja keras untuk memenuhi segala kebutuhan kita. Kita menjadi tegang, kesal dan khawatir. Tetapi ketahuilah, sesungguhnya kekhawatiran adalah akibat dari ketidakmengertian kita pada fakta bahwa Tuhan itu Maha Tahu. 

Sesungguhnya Tuhan peduli dengan semua kebutuhan Anda. Doa fungsinya bukan untuk menyampaikan informasi tentang Anda kepada Tuhan, sebab Dia sudah tahu apa yang sedang terjadi, dan Dia sudah tahu semua tentang Anda. Alkitab mengatakan, "Jadi janganlah kamu seperti mereka, karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya" (Matius 6: 8). Dia tahu setiap kebutuhan Anda: finansial, spiritual, fisik, sosial, dan emosional.

Terakhir, Tuhan tahu kesetiaan Anda. Dia melihat segala hal yang baik dan benar yang Anda lakukan. Setiap kali Anda memilih untuk tidak berbuat dosa, setiap kali Anda menolak godaan, setiap kali Anda mengambil sikap untuk berpegang kepada kebenaran Tuhan, maka Dia melihat kesetiaan Anda itu.

Alkitab mengatakan setiap perbuatan baik akan mendapat upahnya, betapapun kecilnya itu dan terlepas dari apakah orang lain di Bumi ini melihatnya atau tidak. Setiap dorongan dan penghiburan yang Anda berikan kepada orang lain, setiap kali Anda membantu rekan kerja Anda di kantor meskipun itu bukan tangung jawab Anda, setiap kali Anda mengatur kursi di gereja, setiap kali Anda menolak untuk bergosip - Tuhan melihat itu semua, tidak peduli seberapa kecilnya peran Anda (lihat Matius 10: 40-42). 

Anda mungkin berkata, "Saya sudah berusaha melakukan yang benar dalam pernikahan saya, tapi saya belum melihat hasil apa pun." "Saya sudah berusaha menjadi orang yang lebih baik, ayah yang berusaha merespon anak-anaknya dengan baik (atau kepada orang tua saya)." Saya sudah berusaha melakukan hal yang benar di tempat kerja ( atau di sekolah). Saya tidak tahu apakah itu akan membuahkan hasil. Dan saat ini saya juga belum melihat itu membuat satu perbedaan dalam hidup siapapun."

Namun Tuhan berkata, "Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah" (Galatia 6: 9). Jadi, jangan berkecil hati! Terus lakukan kebaikan dan percayakan Tuhan untuk memenuhi apa yang Anda butuhkan dalam hidup. 

Renungkan hal ini:
- Di mana Anda bisa menemukan dorongan ketika Anda merasa putus asa dalam hubungan dan pelayanan?
- Apakah orang lain akan berkata bahwa Anda mempercayakan Tuhan untuk menyediakan apa yang Anda butuhkan? Bukti apa yang akan mereka tunjukkan pada Anda?
- Bagaimana doa bisa mengubah Anda?


Bacaan Alkitab Setahun :
Hakim-hakim 1-3; Lukas 4:1-30


Tuhan tidak tuli dan tidak buta, Dia adalah satu - satunya pribadi yang paling mengerti keadaan hati Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top