Biarkan Yesus Meringankan Beban Anda

| Senin, Mei 14, 2018 |
Matius 11: 28-30 "Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan."

Saya tidak tahu beban apa yang sedang Anda pikul. Saya tidak tahu apa yang sedang membebani Anda. Tapi saya tahu jawabannya.

Yesus berkata, "Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan" (Matius 11: 28-30).

Selama bertahun-tahun saya tidak pernah mengerti ayat itu, karena dulu saya tidak tahu apa itu kuk. Ketika Yesus berkata, "Pikullah kuk yang Kupasang," itu terdengar seakan-akan Dia hendak memberi saya beban lagi. Beban saya sudah cukup berat, Tuhan. Saya tidak butuh masalah lain lagi. 

Kuk sebenarnya adalah palang kayu yang memiliki dua lengkungan di bagian atasnya yang Anda pasang pada dua ekor sapi sehingga hewan ini dapat menarik kereta. 

Fungsi kuk adalah membangi beban yang sama rata kepada dua ekor sapi. Tanpa kuk, seekor sapi harus menarik seluruh beban sendirian. Tetapi jika Anda memasang satu kuk ke atas dua ekor sapi, maka kedua sapi itu bisa menarik beban bersama-sama, dan bebannya setengah berat.

Ketika Yesus berkata agar kita memikul kuk yang Ia pasang, sesungguhnya Dia tidak mengatakan bahwa Dia akan membagi masalah-Nya dengan Anda. Yesus tidak pernah punya masalah! Melainkan, maksud-Nya adalah Dia akan ikut memikul masalah Anda. Dia akan berbagi beban Anda. Dia akan memanggul stres Anda dan menanggungnya bersama-sama dengan Anda.

Wow!
Dalam ayat ini Yesus menggunakan tiga kata kerja: Datang, pikul, belajar. 
Yesus berkata, "Datanglah kepada-Ku. Bekerja samalah dengan-Ku. Kemudian, pelajari cara-Ku melakukannya. Pikullah beban yang lebih ringan ini. Itu akan mengurangi stresmu. Itu akan mempermudah langkahmu."

Ketika Anda dipasangkan dengan Kristus, Anda bergerak bersama-sama dengan-Nya. Anda bergerak ke arah yang sama dan pada kecepatan yang sama. Dan Anda bergerak ke arah yang tepat dan pada kecepatan yang tepat.

Renungkan hal ini: 
- Seberapa sulit bagi Anda untuk menerima bantuan dari seseorang yang ingin membagi beban Anda dan membuatnya lebih ringan buat Anda?
- Apakah Anda memiliki orang-orang dalam hidup Anda yang bersedia melakukannya untuk Anda? Bagaimana Anda menawarkan diri kepada orang lain untuk membantu mengurangi stres mereka?
- Tuhan sudah tahu semua tentang stres Anda. Bagaimana Anda akan menunjukkan kepada-Nya bahwa Anda siap untuk memikul kuk-Nya?


Bacaan Alkitab Setahun :
2 Raja-raja15-16; Yohanes 3:1-18


Yesus ada, disaat Anda paling merasa sendiri
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top