Tidak Percaya Pada Tuhan Membuat Anda Stres

| Sabtu, Juni 30, 2018 |
Mazmur 20: 7 "Orang ini memegahkan kereta dan orang itu memegahkan kuda, tetapi kita bermegah dalam nama TUHAN, Allah kita."

Semua orang percaya pada sesuatu. Pertanyaannya adalah, pada apa – atau pada siapa - Anda percaya?

Masyarakat kita cenderung menganggap rendah rasa percaya. Kita menjadi skeptis dengan semua orang dan segala hal. Kita tidak percaya pada pemerintah. Karyawan tidak percaya pada bosnya. Pelanggan tidak percaya pada penjualnya. Jika Anda cermati masalah ini sampai ke akar-akarnya, Anda akan mendapati bahwa kurangnya rasa percaya pada apa yang benar di masyarakat kita merupakan salah satu penyebab terbesarnya. 

Kebenaran dan rasa percaya saling bergandengan. Anda percaya pada orang-orang yang berkata jujur pada Anda. Anda tidak akan percaya pada seseorang yang bebohong pada Anda. Dan jika Anda tidak percaya pada kebenaran yang absolut, maka Anda tidak akan bisa percaya pada siapa pun untuk memberitahu Anda yang sejujurnya.

Kurangnya rasa percaya menyebabkan stres luar biasa dalam hidup ini. Kita dilahirkan untuk percaya. Tuhan menciptakan kita dengan kapasitas dan hasrat untuk percaya pada sesuatu yang lebih besar dibanding diri kita sendiri, sebab Dia ingin kita memiliki keterikatan dengan-Nya.

Jika Anda tidak percaya Tuhan, maka Anda akan menciptakan sesuatu untuk Anda pegang dan percaya. Itu bisa berupa ijazah sekolah Anda, uang di bank, pasangan Anda, karier Anda, atau hobi Anda. Keinginan untuk percaya pada sesuatu yang lebih besar dari diri kita sendiri juga bukan hal yang baru. Para penulis Alkitab pun sangat paham akan hal ini di dalam budaya mereka. Alkitab mengatakan dalam Mazmur 20: 7, "Orang ini memegahkan kereta dan orang itu memegahkan kuda, tetapi kita bermegah dalam nama TUHAN, Allah kita."

Alkitab punya sebuah kata yang menggambarkan sesuatu yang selain Allah yang kita percayai. Alkitab menyebutnya sebagai "berhala." Firman Tuhan mengatakan bahwa, untuk kebaikan kita sendiri, kita perlu menjauhkan diri dari segala macam berhala: "Hati-hatilah sekali--sebab kamu tidak melihat sesuatu rupa pada hari TUHAN berfirman kepadamu di Horeb dari tengah-tengah api-- supaya jangan kamu berlaku busuk dengan membuat bagimu patung yang menyerupai berhala apapun: yang berbentuk laki-laki atau perempuan;" (Ulangan 4: 15-16).

Renungkan hal ini:
- Apa hal yang membuat Anda tergoda untuk percayai, ketimbang Tuhan?
- Bagaimana kurangnya kepercayaan terhadap Tuhan menyebabkan stres dalam hidup Anda?
- Lihatlah area-area dalam hidup Anda yang membuat Anda stres. Apa yang telah Anda pelajari dari sana tentang hal beriman kepada Tuhan? Bagaimana Anda dapat mengubahnya?



Bacaan Alkitab Setahun :
Ayub 17-19; Kisah Para Rasul 10:1-23


Percaya pada manusia, pasti akan mengecewakan.
Bermegah dan percayalah pada Tuhan yang tidak akan pernah mengecewakan.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top