Anda Dapat Malayani Dengan Menghargai

| Minggu, Juli 08, 2018 |
Efesus 4:29 "Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia."

Efesus 4:29 "Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia."

Rasa syukur yang radikal artinya Anda siap menjalani hidup ini dengan rasa syukur di setiap situasi, apapun itu - di saat berkecukupan, di saat kesusahan, di waktu baik, buruk, benar, salah, atau kapanpun itu. Anda dapat mengembangkan sikap syukur dengan memilih untuk bersyukur dalam setiap situasi. Sikap syukur yang radikal sesungguhnya juga bisa digunakan untuk melayani orang lain. Itu adalah sebuah pelayanan. Setiap orang percaya adalah pendeta. Anda adalah pelayan Tuhan! Setiap orang Kristen adalah pendeta, yang artinya kita harus melayani orang lain. 

Apakah Anda tahu apa arti kata "apresiasi"? Jika Anda pernah membeli mobil, Anda pasti tahu arti depresiasi (penyusutan nilai). Saat Anda mengeluarkannya dari garasi Anda, maka nilai jualnya sudah berkurang dari harga beli Anda, meskipun itu adalah mobil baru. Depresiasi berarti menurunnya nilai. Apresiasi berarti naiknya nilai - dan ini yang disebut pelayanan.

Ketika Anda menghargai suami Anda, Anda meningkatkan nilainya. Ketika Anda menghargai istri Anda, Anda meningkatkan nilainya. Ketika Anda menghargai anak-anak Anda, Anda meningkatkan nilai mereka. Ketika Anda menghargai rekan kerja Anda, Anda menaikkan nilai mereka bagi Anda dan bagi perusahaan. Ketika Anda menghargai atasan Anda, maka Anda menaikkan nilainya. 

Melayanilah dengan meningkatkan nilai sesama. Itulah mengapa Tuhan mengatakan bahwa syukur yang radikal adalah sebuah pelayanan. Anda dapat membangun sebuah pelayanan dengan menaikkan nilai orang lain, dengan menghargai mereka.

Salah satu hal yang saya pelajari ialah bahwa setiap orang dalam hidup ini membutuhkan dorongan semangat yang sangat besar. Saya belum pernah bertemu satu orang pun yang berkata, "Oh tidak! Saya tidak butuh pujian! Saya sudah kenyang pujian. Tolong hentikan! Saya tegaskan, jangan beri saya pujian." Anda punya kebutuhan mendasar untuk diterima, dicintai, dihargai - begitu pula orang lain. Apabila Anda ingin dipakai oleh Tuhan, berikut ini caranya: Kuatkan semua orang. Hargai semua orang. Tunjukkan rasa syukur kepada semua orang.

Renungkan hal ini:
- Bagaimana rasanya ketika seseorang menunjukkan apresiasi mereka terhadap Anda?
- Apa saja cara yang bisa Anda pakai untuk menunjukkan apresiasi Anda, selain dengan perkataan? 
- Bagaimana menghargai dan menguatkan orang lain menarik diri Anda lebih dekat kepada Tuhan?


Bacaan Alkitab Setahun :
Ayub 36-37; Kisah Para Rasul 15:22-41


Kita diselamatkan untuk melayani. Anda bisa melakukan pelayanan dengan cara menghargai orang lain.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top