Bagaimana Caranya Mengalami Perubahan Hidup yang Kekal

| Senin, September 03, 2018 |
Roma 12: 2 "Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna." 

Anda perlu mengubah pola pikir Anda, dari memikirkan sesuatu yang tidak ingin Anda pikirkan kepada apa yang harus Anda pikirkan. Karena apa pun yang menjadi fokus pikiran Anda adalah apa yang akan Anda lakukan.

Ayat hari ini memberi kita cetak biru untuk mengubah pola pikir kita:

- "Jangan menjadi serupa." Seberapa sering kita membiarkan orang lain membentuk hidup kita? Tuhan tidak ingin Anda menjadi seperti orang lain; Dia ingin Anda menjadi orang yang Dia rancangkan. Jadi, jangan mengikuti orang lain, jangan terbawa arus, jangan mencoba menjadi seperti orang lain.

- "Dengan dunia ini." Pola berarti model dari semua yang telah Anda pelajari dalam hidup. Jika Anda ingin berubah, maka Anda harus mengubah pola atau model kehidupan yang Anda pelajari dalam hidup Anda. Anda perlu mengganti pola lama yang tidak sehat itu dengan pola baru yang meneladani kehidupan Kristus.

- "Berubah oleh pembaharuan budimu." Transformasi itu kata yang sama yang kita gunakan untuk menggambarkan metamorfosis, proses ulat menjadi menjadi kupu-kupu. Dengan cara yang sama, Tuhan ingin mengubah Anda menjadi orang yang benar-benar baru dengan memperbaharui pikiran Anda.

Bagaimana caranya? Alkitab memberi tahu kita dalam Efesus 4: 22-24 "Yaitu bahwa kamu, berhubung dengan kehidupan kamu yang dahulu, harus menanggalkan manusia lama, yang menemui kebinasaannya oleh nafsunya yang menyesatkan, supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu, dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya." 

Itu artinya Anda harus menanggalkan dan mengenakan, bukan terbalik. Itu seperti mencoba pakaian di department store. Sebelum Anda bisa mengenakan yang baru, Anda harus menanggalkan pakaian lama Anda.

Anda harus melepaskan sikap lama, pola pikir lama, imej lama Anda yang sudah lama melekat pada diri Anda supaya Anda dapat mengenakan pakaian baru yang Tuhan telah persiapkan untuk Anda.

Renungkan hal ini:
- Bagaimana caranya memperbarui pikiran Anda secara realistis? 
- Bagaimana Anda menggambarkan pola hidup yang selama ini Anda pelajari dan contoh dalam kehidupan Anda?
- Apa "hal-hal lama" yang harus Anda tinggalkan sehingga Tuhan dapat memperbarui pikiran Anda? 


Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 140-142; I Korintus 14


Jika Anda ingin memiliki perubahan yang bertahan selamanya dalam hidup, maka Anda perlu memfokuskan kembali pikiran Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top