Hidup Anda Dibentuk oleh Pikiran Anda

| Selasa, September 04, 2018 |
Amsal 4:23 "Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan."

Anda ingin Tuhan mengangkat semua masalah, kesakitan, duka, penderitaan, penyakit dan kesedihan Anda. Tetapi Tuhan ingin bekerja di dalam Anda terlebih dahulu, sebab transformasi tidak akan terjadi dalam hidup sebelum Anda memperbaharui cara pikir Anda, hingga pikiran Anda mulai berubah.

Mengapa begitu penting bagi Anda untuk belajar cara mengelola pikiran? Izinkan saya memberi Anda tiga alasan.

Kelola pikiran Anda, karena pikiran Anda mengendalikan hidup Anda.

Amsal 4:23 mengatakan, "Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan." Pikiran Anda punya kemampuan luar biasa untuk membentuk hidup Anda, baik itu yang baik atau buruk. Sebagai contoh, mungkin Anda menerima apa yang orang lain katakan kepada Anda ketika Anda beranjak dewasa, "Kamu tidak ada gunanya. Kamu tidak penting." Jika Anda menerima pemikiran tersebut, meskipun itu salah, itu tetap akan membentuk hidup Anda.

Kelola pikiran Anda, karena pikiran Anda adalah medan peperangan dosa.

Semua godaan terjadi di dalam pikiran. Paulus berkata dalam Roma 7: 22-23, "Sebab di dalam batinku aku suka akan hukum Allah, tetapi di dalam anggota-anggota tubuhku aku melihat hukum lain yang berjuang melawan hukum akal budiku dan membuat aku menjadi tawanan hukum dosa yang ada di dalam anggota-anggota tubuhku."

Salah satu alasan mengapa Anda lelah secara mental yaitu karena ada peperangan di otak Anda 24 jam sehari. Itu membuat Anda lemah sebab itu berlangsung tanpa henti. Mengapa itu bisa begitu intens, sebab pikiran Anda merupakan aset terbesar Anda. Setan menginginkan aset terbesar Anda!

Kelola pikiran Anda, karena itu adalah kunci menuju damai sejahtera dan kebahagiaan.

Pikiran yang tidak dikelola menyebabkan ketegangan. Pikiran yang dikelola membawa ketenangan. Pikiran yang tidak dikelola menyebabkan konflik. Pikiran yang dikelola membawa kepercayaan diri. Pikiran yang tidak dikelola menyebabkan stres. Jika Anda tidak berusaha mengendalikan dan mengarahkan pikiran Anda, maka Anda akan mengalami beban stres yang begitu besar dalam hidup Anda. Tetapi sebaliknya, pikiran yang dikelola dengan baik mendatangkan kekuatan, rasa aman, dan ketenangan.

"Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera" (Roma 8: 6).

Renungkan hal ini: 
- Apa yang Anda isi ke dalam pikiran Anda yang dapat menyenangkan hati Tuhan? Apa yang Anda isi ke dalam pikiran Anda yang mengecewakan Tuhan?
- Bagaimana Anda berlatih mengelola pikiran Anda?
- Peran apa yang dimainkan Alkitab dalam mengelola pikiran Anda?


Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 143-145; I Korintus 15:1-11


Tuhan jauh lebih tertarik mengubah pikiran Anda ketimbang mengubah keadaan Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top