Jangan Hanya Belajar dari Alkitab; Ingatlah

| Sabtu, September 29, 2018 |
Amsal 4: 20-22 "Hai anakku, perhatikanlah perkataanku, arahkanlah telingamu kepada ucapanku; janganlah semuanya itu menjauh dari matamu, simpanlah itu di lubuk hatimu. Karena itulah yang menjadi kehidupan bagi mereka yang mendapatkannya dan kesembuhan bagi seluruh tubuh mereka."

Alkitab mengatakan hal berikut ini dalam Amsal 22: 17-18 tentang hikmat: "Pasanglah telingamu dan dengarkanlah amsal-amsal orang bijak, berilah perhatian kepada pengetahuanku. Karena menyimpannya dalam hati akan menyenangkan bagimu, bila semuanya itu tersedia pada bibirmu." Perhatikan empat kata kunci: dengarkanlah, perhatikanlah, simpanlah di dalam hati, dan perkatakanlah." Itulah tanda-tanda hikmat. 

Anda tidak bisa hanya mempelajarinya, kemudian menjadi lebih bijaksana; Anda harus mengingatnya. Dan Anda tidak bisa hanya mengingatnya; Anda harus memperkatakannya. Karena apabila Anda tidak mengingat dan memperkatakannya, pada akhirnya, Anda belajar hal yang sama berulang kali.

Anda harus menyimpannya di dalam hati untuk bisa mengingatnya sehingga Anda dapat mempelajarinya kembali dan sehingga Anda dapat menerapkannya.

Orang-orang berkata, "Saya tidak bisa menghafal satu ayat pun!" Ya, Anda bisa. Anda ingat apa yang penting buat Anda. Anda ingat apa yang Anda sukai. Anda ingat apa yang penting buat Anda.

Anda mungkin berkata, "Saya tidak bisa menghafal Alkitab." Tetapi Anda ingat semua statistik pertandingan baseball atau statistik sepak bola musim lalu. Anda mungkin juga berkata, "Saya tidak bisa menghafal Alkitab," tetapi Anda bisa mengutip semua lirik lagu terkenal atau langkah-langkah memasak masakan kesukaan Anda, atau hal-hal lain yang Anda sukai. Anda ingat apa yang penting buat Anda.

Jika Anda mengingat Firman, Anda akan memperkatakannya dan Anda akan memperkuatnya dan Anda akan mempelajarinya kembali dalam hidup Anda. Itulah yang dapat mengubah hidup Anda.

"Hai anakku, perhatikanlah perkataanku, arahkanlah telingamu kepada ucapanku; janganlah semuanya itu menjauh dari matamu, simpanlah itu di lubuk hatimu. Karena itulah yang menjadi kehidupan bagi mereka yang mendapatkannya dan kesembuhan bagi seluruh tubuh mereka" (Amsal 4: 20-22).

Renungkan hal ini:
Hal-hal apa yang mudah Anda ingat, dan mengapa?
Mengapa penting untuk menghafal ayat-ayat Alkitab? Bagaimana selama ini Anda melihat pentingnya menghafal Alkitab dalam hidup Anda? 
Apa satu hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu Anda menghafal ayat Alkitab? 


Bacaan Alkitab Setahun :
Yesaya 6-9; Efesus 4:1-16


Ketika kebenaran Firman menjadi hal yang penting untuk Anda, maka Anda akan mengingatnya. 
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top