Tidak Ada Hal Berharga yang Datang dengan Mudah

| Kamis, September 06, 2018 |
Galatia 6: 9 "Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah."

Ada banyak hal yang menghalangi kita dalam melaksanakan misi hidup kita. Selama bertahun-tahun, saya sering memperdebatkan apakah musuh terjahat kita adalah penundaan atau keputusasaan. Jika Setan tidak bisa membuat kita menunda misi hidup kita, maka dia akan mencoba untuk membuat kita berhenti sama sekali.

Rasul Paulus mengajarkan bahwa kita perlu melawan keputusasaan: "Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah" (Galatia 6: 9). 

Apakah Anda pernah bosan melakukan yang benar? Sepertinya kita semua begitu. Terkadang lebih mudah melakukan hal yang salah ketimbang hal yang benar.

Ketika kita putus asa, kita menjadi tidak efektif. Ketika kita putus asa, kita bekerja melawan iman kita sendiri.

Ketika kita putus asa, kita berkata, "Itu mustahil." Itulah kebalikan dari berkata, "Saya tahu Tuhan dapat melakukannya karena Dia berkata begitu."

Tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini:
- Bagaimana saya menangani kegagalan?
- Ketika ada yang tidak berjalan sesuai keinginan saya, apakah saya menjadi pemarah?
- Ketika ada yang tidak berjalan sesuai keinginan saya, apakah saya menjadi frustrasi?
- Ketika ada yang tidak berjalan sesuai keinginan saya, apakah saya mulai bersungut-sungut?
- Apakah saya menyelesaikan apa yang sudah saya mulai?
- Bagaimana saya menghargai ketekunan?

Jika Anda sedang berkecil hati, jangan menyerah tanpa perlawanan. Yang berharga tidak akan tercipta jika tanpa ketekunan dan tenaga.

Ketika seorang pematung menciptakan patung, dia harus terus memahat hingga batu menjadi kecil. Dia tidak memukul pahatnya dengan palu hanya sekali, lalu tiba-tiba bagian yang tak diinginkan runtuh, dan sebuah mahakarya yang indah tercipta. Dia terus memukul dan memukulnya, memahat batu itu hingga terbentuk. 

Proses ini sama dengan kehidupan. Yang bernilai tidak pernah terwujud dengan mudah dalam hidup ini. Anda harus terus berusaha dan mengejarnya, dan sedikit demi sedikit, hidup Anda akan menjadi karya agung dari anugerah Allah.

Faktanya, orang-orang hebat hanyalah orang biasa dengan tekad yang luar biasa. Tapi bedanya, mereka tidak tahu caranya menyerah.

Renungkan hal ini:
- Apa yang bisa Anda pelajari dari sikap Anda dalam merespon situasi sulit?
- Apa yang hendak Anda relakan untuk menyerah?
- Bagaimana Firman Tuhan dapat membantu Anda bertahan? Siapa orang dalam hidup Anda yang dapat mendorong Anda untuk terus maju?


Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 149-150; I Korintus 16


Selalu ada harga yang harus dibayar, selalu ada pengorbanan untuk sesuatu yang berharga.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top