Mengelola Stres Seperti Yesus: Ketahui Panggilan Anda

| Kamis, November 15, 2018 |
Efesus 4: 1 "Sebab itu aku menasihatkan kamu, aku, orang yang dipenjarakan karena Tuhan, supaya hidupmu sebagai orang-orang yang telah dipanggil berpadanan dengan panggilan itu."

Tuhan tidak hanya memanggil para pendeta dan misionaris. Alkitab memberikan pesan yang luar biasa yaitu bahwa Allah memanggil masing-masing kita untuk melaksanakan suatu tujuan dan misi tertentu.

Ketika kita tak tahu apa panggilan Tuhan atas kita, maka itu menyebabkan stres.
Dalam renungan sebelumnya, saya telah berbagi dengan Anda tujuh prinsip hidup bebas stres menurut teladan hidup Yesus. Dua prinsip yang pertama: 

Identifikasi: Ketahui siapa diri Anda.
Motivasi: Ketahui untuk kehendak siapa Anda hidup.

Prinsip yang ke tiga untuk memiliki kehidupan yang bebas stres yang sesuai dengan teladan Yesus adalah berikut ini: Prinsip Panggilan. Anda harus mengetahui panggilan Anda.

Panggilan berasal dari kata Latin untuk suara dan berarti apa yang Tuhan tugaskan untuk kita lakukan. 

Dan Anda harus memutuskan untuk melaksanakan panggilan Anda apabila Anda ingin mengurangi stres Anda.

Yesus kenal betul panggilan-Nya. Dia berkata dalam Yohanes 8:14, "Biarpun Aku bersaksi tentang diri-Ku sendiri, namun kesaksian-Ku itu benar, sebab Aku tahu, dari mana Aku datang dan ke mana Aku pergi. Tetapi kamu tidak tahu, dari mana Aku datang dan ke mana Aku pergi."

Yesus memahami tujuan unik-Nya - dan Dia hidup untuk melaksanakan misi itu.

Hidup Anda didorong oleh sesuatu. Seluruh hidup kita didorong oleh suatu hal. Terkadang hidup kita didorong oleh penyesalan atau kemarahan. Terkadang hidup kita didorong oleh rasa malu. Terkadang hidup kita didorong oleh uang atau nafsu birahi.

Tuhan ingin panggilan Anda menggerakkan hidup Anda. Tapi bagaimana Anda tahu apa yang Dia mau Anda lakukan? Selama bertahun-tahun, saya telah menyebarkan sebuah akronim yang sudah membantu banyak orang. Saya mendorong mereka untuk berpikir dan berdoa melalui SHAPE (bentuk) khusus mereka:


S (spiritual gift) Karunia rohani Anda
H (heart) Hati Anda, apa yang senang Anda lakukan
A (ability) Kemampuan
P (personality) Kepribadian
E (experiences) Pengalaman


Tuhan tidak memberi Anda sebuah panggilan yang akan membuat hidup Anda sengsara. Dia akan memanggil Anda untuk melakukan sesuatu yang Anda sukai atau sesuatu yang Anda kuasai.

Paulus menulis dalam Efesus 4: 1, "Sebab itu aku menasihatkan kamu, aku, orang yang dipenjarakan karena Tuhan, supaya hidupmu sebagai orang-orang yang telah dipanggil berpadanan dengan panggilan itu."

Saya mendorong Anda untuk bertanya kepada diri Anda sendiri setiap hari: Apakah saat ini saya sedang melakukan apa yang menjadi panggilan hidup saya?

Renungkan hal ini:

- Apakah Anda secara aktif mengejar panggilan Anda dengan sukacita? Mengapa atau mengapa tidak?
- Apa stres yang pernah Anda alami yang berkaitan dengan panggilan Anda?
- Bagaimana Anda bisa membimbing orang lain untuk membantu mereka mengejar panggilan mereka?


Bacaan Alkitab Setahun :
Hosea 11-14; Ibrani 3:7-19


Ketahui panggilan Anda ,talenta apa yang Tuhan berikan dan bagaimana Anda memanfaatkannya untuk memuliakan Tuhan.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top