Mengelola Stres Seperti Yesus: Ketahui Apa yang Paling Penting

| Sabtu, November 17, 2018 |
Lukas 9:51 "51. Ketika hampir genap waktunya Yesus diangkat ke sorga, Ia mengarahkan pandangan-Nya untuk pergi ke Yerusalem,"

Anda dan saya cenderung terganggu oleh hal-hal sepele.

Pengalaman saya bertahun-tahun sebagai seorang pendeta mengatakan bahwa jika Setan tidak bisa membuat Anda menjadi orang yang jahat, maka ia akan membuat Anda sibuk.

Kesibukan membuat kita lebih stres ketimbang yang kita bayangkan. Dalam beberapa hari terakhir, saya telah berbagi dengan Anda tujuh prinsip hidup bebas stres dari teladan kehidupan Yesus.

Tiga prinsip pertama adalah:
Identifikasi: Kenali diri Anda
Motivasi: Ketahui untuk kehendak siapa Anda hidup 
Panggilan: Kenali panggilan Anda

Prinsip ke empat Yesus untuk hidup yang bebas stres ialah konsentrasi. Anda harus tahu apa hal yang paling penting.
Yesus adalah ahlinya konsentrasi. Dia begitu fokus melakukan apa yang Allah kehendaki. 

Ketika cahaya diredupkan, maka ia tidak punya kekuatan sama sekali. Namun cahaya yang terfokus memiliki kekuatan yang sangat besar. Coba lihat matahari. Bila bersinar seperti biasa, ia tidak akan membakar rumput. Tetapi jika Anda memfokuskan cahayanya dengan kaca pembesar, maka Anda bisa membakar rumput itu.

Lebih fokuskan lagi cahaya, dan itu akan menjadi laser-laser bisa memotong baja dan membunuh sel kanker.

Jika Anda ingin hidup Anda bermakna, fokuskanlah hidup Anda.
Yesus memperlihatkan ini kepada kita dalam Lukas 9:51: "Ketika hampir genap waktunya Yesus diangkat ke sorga, Ia mengarahkan pandangan-Nya untuk pergi ke Yerusalem,"
Yerusalem adalah tempat di mana Salib berada. Yesus tahu di situlah Allah menginginkan Dia. Tidak ada yang bisa menghalangi Yesus untuk melaksanakan misi-Nya.

Anda memiliki kekuatan rohani yang sangat besar yang hanya akan terbuka jika Anda memutuskan apa yang paling penting buat Anda. Pilihan ada di tangan Anda. 

Paulus memberi tahu kita dalam 1 Korintus 10:23, "Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. "Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun." 

Anda bebas melakukan apa saja, tetapi tidak semuanya akan membangun hidup Anda. Jika Anda tidak memusatkan hidup Anda pada apa yang paling penting, hidup Anda akan stres oleh karena-hal yang paling tak penting.

Renungkan hal ini: 
- Masalah-masalah sepele apa yang cenderung terlalu banyak mendapatkan fokus perhatian Anda? 
- Apa yang seharusnya menjadi hal yang paling penting bagi kita yang mengikut Yesus? 
- Perubahan-perubahan apa yang bisa Anda buat dalam kebiasaan Anda yang akan membantu Anda memusatkan hidup pada hal-hal yang paling penting?


Bacaan Alkitab Setahun :
Yoel 1-3; Ibrani 4:1-13


Anda bisa fokus pada apa yang akan berlangsung selama-lamanya atau untuk yang sementara. 
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top