Bagaimana Allah Menggunakan Dukacita untuk Membantu Kita Tumbuh

| Jumat, Februari 15, 2019 | , ,
Bagaimana Allah Menggunakan Dukacita untuk Membantu Kita Tumbuh

Roma 8:28 "Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah."

Kesedihan, kehilangan, dan rasa sakit adalah bagian kehidupan yang tak bisa dihindari. Tetapi tahukah Anda bahwa Allah menggunakan hal-hal ini untuk membantu kita bertumbuh? Dia melakukannya dengan tiga cara:

Pertama, Tuhan menggunakan rasa sakit untuk mendapatkan perhatian kita. C. S. Lewis menulis, "Tuhan berbisik kepada kita dalam kesenangan kita, berbicara masuk ke dalam hati nurani kita, tetapi berteriak dalam kesakitan kita." Rasa sakit adalah alat pengeras suara Allah. Kita jarang berubah ketika kita melihat cahaya, tetapi kita berubah ketika kita merasakan panas.

Amsal 20:30 mengatakan, "Bilur-bilur yang berdarah membersihkan kejahatan, dan pukulan membersihkan lubuk hati."

Kedua, Tuhan mendatangkan yang baik dari dalam keburukan. Salah satu ayat paling terkenal dalam Alkitab adalah Roma 8:28 adalah "Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah."

Ketika Anda mengalami kedukaan, itu merupakan kesempatan bagi kita untuk bertumbuh di dalam karakter. Anda tak bisa mengendalikan rasa sakit yang Anda alami, tetapi Anda bisa mengambil keputusan apakah itu akan membuat Anda kepahitan atau menjadi lebih baik. Anda bisa mengambil keputusan apakah itu akan menjadi batu loncatan atau batu sandungan. Anda harus ingat bahwa bahkan di dalam kesakitan, Tuhan bekerja untuk kebaikan Anda.

Ketiga, Tuhan mempersiapkan kita untuk kekekalan surga. Alkitab berkata dalam 2 Korintus 4: 17-18, "Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar dari pada penderitaan kami. Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal."

Anda mungkin ingat saya pernah berkata bahwa Anda tidak bisa membawa serta mobil Anda ke surga. Anda tidak bisa membawa serta porselen mahal atau pakaian Anda ke surga; Anda tidak bisa membawa karier Anda ke surga. Tetapi Anda membawa serta karakter Anda. Anda membawa serta diri Anda.

Tuhan lebih tertarik pada pengembangan karakter Anda daripada kenyamanan Anda. Mengapa? Karena Anda bisa merasa nyaman di surga, tetapi sekaranglah tahap dimana Anda mempersiapkan diri Anda. Ini adalah tahap pembelajaran. Ini adalah tahap pemanasan. Tuhan menggunakan masalah Anda di Bumi untuk membuat Anda siap untuk mengalami kemuliaan yang kekal. Itu baru yang namanya kenyamanan.

Renungkan hal ini:
- Apa artinya bahwa Tuhan bekerja untuk kebaikan Anda? Apakah itu berarti Allah hanya membiarkan hal-hal baik terjadi pada orang percaya?
- Mengapa seringkali lebih mudah bagi kita untuk fokus pada realita hari ini, ketimbang pada janji surga?
- Bagaimana Anda dapat mempersiapkan diri Anda saat ini, sehingga Anda siap untuk mendengarkan Allah ketika Anda berada dalam masa kesakitan?



Bacaan Alkitab Setahun :
Imamat 17-18; Matius 27:27-50


Ketika Anda kesakitan, bertanyalah pada diri Anda, "Apa yang sedang Tuhan lakukan?" Apakah Dia sedang berusaha mendapatkan perhatian Anda? Apakah Dia sedang mencoba mendatangkan yang baik dari yang buruk? Apakah Dia sedang mempersiapkan karakter Anda untuk ke surga?
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top