Enam Cara Tuhan Memberkati Hati yang Terluka

| Sabtu, Februari 16, 2019 | ,

Mazmur 34:18 "TUHAN itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya."

Setiap dari kita akan mengalami kehilangan. Jadi bagaimana cara Tuhan menyembuhkan hati yang terluka? Anda tidak bisa melupakan kehilangan. Jika Anda tidak bisa mengatasinya; Anda tidak bisa mengalahkannya. Anda harus melalui kesedihan itu. Apabila Anda takut mengungkapkan emosi Anda dan menolak untuk melewatinya, maka di situlah Anda terjebak.

Tapi bagaimana Anda melepaskan diri dari kedukaan? Biarkan Tuhan menolong Anda. Inilah enam cara Tuhan memberkati hati yang terluka.

Tuhan membuat Anda dekat dengan diri-Nya.

Mazmur 34:18 mengatakan, "TUHAN itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya." Ketika Anda bersedih, seringkali Anda merasa seolah-olah Tuhan berjarak satu juta mil jauhnya. Tetapi apa yang Anda rasakan dan apa yang nyata tidaklah sama. Tuhan tidak berada sejuta mil jauhnya.

Tuhan berduka bersama Anda.
Alkitab mengatakan bahwa Yesus "Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kitapun dia tidak masuk hitungan"(Yesaya 53: 3). Ketika Anda datang kepada Yesus dengan segala kesedihan Anda, Dia tahu apa yang tengah Anda bicarakan, dan Dia mengerti rasa sakit Anda. Tuhan adalah Tuhan yang menderita, dan Dia adalah Tuhan yang simpatik. Dia tidak menjauhkan diri-Nya dari Anda; Dia tidak apatis. Dia tidak berdiri di pinggir lapangan hanya menonton Anda.

Tuhan memberi Anda keluarga gereja untuk mendukung Anda.

Kita diciptakan untuk hidup di dalam komunitas. Penyembuhan datang dari komunitas. Kesembuhan atas duka datang dari gereja. Kesembuhan datang melalui komunitas. Kita lebih baik hidup bersama-sama! "Demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain. Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat. Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat" (Roma 5, 10, 15).

Tuhan menggunakan kedukaan untuk membantu Anda tumbuh.

Tuhan menggunakan kedukaan dan bahkan rasa sakit Anda untuk membantu Anda menjadi semakin seperti Kristus, dan Ia melakukannya dengan tiga cara.
Pertama, Tuhan menggunakan rasa sakit untuk mendapatkan perhatian Anda (Amsal 20:30). Kedua, Dia mendatangkan yang baik dari yang buruk (Roma 8:28). Ketiga, Dia mempersiapkan Anda untuk kekekalan (2 Korintus 4: 17-18).

Tuhan memberi Anda harapan surga.

Ada banyak orang yang berduka hingga hilang harapan. Kehidupan di bumi ini singkat, tetapi ketika Anda percaya kepada Yesus Kristus dan mempercayakan keselamatan Anda kepada-Nya, maka Anda memiliki harapan untuk menghabiskan kekekalan di surga bersama Allah, dan Dia akan menopang Anda melalui waktu kehilangan Anda. Alkitab berkata dalam 1 Tesalonika 4:13, "Selanjutnya kami tidak mau, saudara-saudara, bahwa kamu tidak mengetahui tentang mereka yang meninggal, supaya kamu jangan berdukacita seperti orang-orang lain yang tidak mempunyai pengharapan."

Tuhan menggunakan kedukaan Anda untuk membantu orang lain.

Ini disebut rasa sakit penebusan; ini merupakan penggunaan rasa sakit tertinggi dan yang terbaik yang bisa Anda lakukan. Tuhan tidak ingin Anda menyia-nyiakan rasa sakit Anda. "Allah yang menghibur kami dalam segala penderitaan kami, sehingga kami sanggup menghibur mereka, yang berada dalam bermacam-macam penderitaan dengan penghiburan yang kami terima sendiri dari Allah" (2 Korintus 1: 4).

Renungkan hal ini:
- Menurut Anda mengapa Allah mengizinkan kita mengalami kedukaan dan kehilangan?
- Bagaimana mungkin Tuhan ingin Anda melayani orang lain yang berduka yang tanpa harapan?
- Apa rasa sakit terdalam yang pernah Anda alami? Bagaimana Anda dapat menggunakan rasa sakit itu untuk membantu orang lain?


Bacaan Alkitab Setahun :
Imamat 19-20; Matius 27:51-66


Jangan ragukan rencana Tuhan, walaupun nampak sakit dan penuh kedukaan, namun tujuannya hanyalah untuk mendatangkan kebaikan untuk kita.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top