Jangan Hanya Percaya, Bersekutulah

| Minggu, April 07, 2019 |
1 Timotius 3:15 "Jadi jika aku terlambat, sudahlah engkau tahu bagaimana orang harus hidup sebagai keluarga Allah, yakni jemaat dari Allah yang hidup, tiang penopang dan dasar kebenaran."

Anda dipanggil untuk bersekutu, bukan hanya percaya.

Bahkan di Taman Eden yang sempurna dan tanpa dosa, Allah berfirman, "TUHAN Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia" (Kejadian 2:18).

Kita diciptakan untuk bermasyarakat, dirancang untuk bersekutu, dan dibentuk untuk berada di dalam keluarga, dan tak ada satu pun dari kita yang dapat mewujudkan rancangan Tuhan seorang diri. Alkitab tidak berbicara apa-apa tentang orang kudus atau pendeta yang menyendiri.

Hubungan Anda dengan Kristus sifatnya pribadi, namun Allah tidak pernah ingin Anda menyimpannya untuk diri Anda sendiri. Di dalam keluarga Allah, Anda terhubung dengan orang percaya lainnya. Alkitab berkata, "Demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain" (Roma 12: 5).

Mengikut Kristus artinya juga saling memilliki, bukan hanya percaya. Seorang penulis dan teolog Inggris C.S. Lewis memperhatikan bahwa kata anggota adalah untuk menggambarkan orang Kristen, namun dunia ini telah mengosongkannya dari makna aslinya. Toko-toko memberikan diskon untuk para "anggotanya," dan mereka membuat milis dari e-mail para anggotanya untuk saling berhubungan. Di gereja, keanggotaan seringkali prosesnya dipermudah dengan hanaya menambahkan nama Anda ke dalam daftar jemaat, tanpa ada persyaratan atau ekspektasi. 

Namun, bagi Paulus, menjadi "anggota" gereja berarti menjadi organ vital dari tubuh yang hidup, menjadi bagian dari tubuh Kristus yang tak terpisahkan dan saling terkait. Kita perlu memulihkan dan mempraktikkan kembali makna keanggotaan di dalam Alkitab. Gereja adalah tubuh, bukan bangunan dan organisme, bukan organisasi — gereja adalah seperti yang kita baca dalam Roma 12: 4-5, 1 Korintus 6:15, dan 1 Korintus 12: 12-27.

Renungkan hal ini:
- Bagimana Anda menjaga hubungan Anda dengan Kristus secara pribadi?
- Seperti apakah contohnya yang dinamakan menjadi "anggota yang seorang terhadap yang lain?"
- Bagaimana Anda mempraktikkan makna Alkitabiah tentang menjadi anggota gereja?


Bacaan Alkitab Setahun :
1 Samuel 7-9; Lukas 9:18-36


Kita adalah satu anggota tubuh Kristus yang membutuhkan anggota lainnya untuk tetap hidup dan bertumbuh dalam kerohanian kita
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top