Tiga Hal Yang Dilakukan Rasa Takut Didalam Hubungan

| Minggu, Mei 26, 2019 |
2 Timotius 1: 7 "Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban."

Jika Anda ingin terhubung dengan seseorang, maka Anda harus mau mengambil langkah pertama. Seringkali itu butuh keberanian. Mengapa? Sebab rasa takut memutuskan hubungan manusia. Ketika kita dipenuhi dengan ketakutan dan kekhawatiran, kita sulit dekat dengan orang lain. Sebaliknya, kita malah mundur menjauh. Kita takut ditolak, dimanipulasi, terlihat rapuh, terluka, atau dimanfaatkan. Semua ketakutan ini mengakibatkan kita terus terputus di dalam kehidupan. 

Ketakutan itu umurnya setua umat manusia. Ketika Adam dan Hawa iatuh ke dalam dosa dan Allah datang mencari Adam, Adam berkata, "Aku menjadi takut, sebab itu aku bersembunyi." Dan sejak saat itu, kita semua melakukannya. Kita takut, dan kita bersembunyi. Kita menyembunyikan diri kita yang sebenarnya. Kita tidak membiarkan orang lain tahu seperti apa kita sesungguhnya, sebab jika mereka tahu, mereka tidak suka pada kita dan kita menghadapi penolakan. Kerena itulah kita berpura-pura.

Ketakutan melakukan tiga hal mengerikan ke dalam hubungan:

1. Ketakutan membuat kita defensif. Ketika orang lain menunjukkan kelemahan kita, kita membalas mereka dan membela diri kita sendiri. 

2. Ketakutan membuat kita jauh. Kita tidak membiarkan orang lain dekat dengan kita. Kita mundur. Kita menyembunyikan emosi kita. 

3. Ketakutan membuat kita banyak menuntut. Semakin kita merasa tidak aman, semakin kita mencoba untuk mengendalikan berbagai hal. Kita mencoba memenangkan argumen. Kita mencoba untuk mendominasi.

Lalu, dari mana Anda mendapatkan keberanian untuk mengambil langkah pertama untuk terhubung dengan seseorang dan menuju tingkat kedekatan yang lebih dalam?

Anda mendapatkannya dari Roh Allah di dalam hidup Anda. Alkitab berkata, "Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban" (2 Timotius 1: 7).

Bagaimana Anda tahu ketika Anda dipenuhi dengan Roh Allah? Anda menjadi lebih berani dalam hubungan Anda. Anda mengasihi mereka. Anda menikmati kebersamaan dengan mereka. Anda tidak takut dengan pendapat mereka karena Roh Allah ada dalam hidup Anda. Alkitab mengatakan "Allah adalah kasih" dan "kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan." 

Renungkan hal ini:
- Hubungan apa dalam hidup Anda yang perlu Anda jalin lebih dalam? Berdoalah, dan minta Tuhan memberi Anda satu keberanian untuk mengambil langkah pertama menuju pertumbuhan bersama dengan orang tersebut hari ini.
- Apa bukti pekerjaan Roh Kudus yang Anda lihat dalam hubungan Anda?
- Kebiasaan baru apa yang bisa membantu Anda untuk lebih dekat dengan Yesus?


Bacaan Alkitab Setahun :
1 Tawarikh 28-29; Yohanes 9:24-41


Semakin Tuhan ada di dalam hidup Anda, semakin sedikit ketakutan yang Anda punya
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top