Bersandarlah Pada Janji Allah Ketika Masalah Datang

| Rabu, Juni 19, 2019 |
Yosua 21:45 "Dari segala yang baik yang dijanjikan TUHAN kepada kaum Israel, tidak ada yang tidak dipenuhi; semuanya terpenuhi."

Ketika kita mengalami kesulitan, kita cenderung fokus pada apa yang salah. Kita melihat rekening bank yang kita miliki. Kita mengawasi orang-orang yang ada di hidup kita. Kita lebih fokus pada apa yang bisa kita andalkan. 

Allah berfirman bahwa ketika segalanya dalam hidup kita hancur berantakan, kita harus senantiasa ingat bahwa janji-janji-Nya dapat kita pegang.

Alkitab memberi tahu kita, "Dari segala yang baik yang dijanjikan TUHAN kepada kaum Israel, tidak ada yang tidak dipenuhi; semuanya terpenuhi" (Yosua 21:45).

Itulah yang dikatakan Paulus kepada rekan-rekan tahanannya ketika kapal yang membawa mereka ke Roma dihantam badai dalam Kisah Para Rasul 27. Semuanya kebingungan. Tetapi Tuhan memberi tahu Paulus bahwa mereka semua akan aman. Paulus percaya pada Allah dan memberi tahu yang lain, "Sebab itu tabahkanlah hatimu, saudara-saudara! Karena aku percaya kepada Allah, bahwa semuanya pasti terjadi sama seperti yang dinyatakan kepadaku" (Kisah Para Rasul 27:25).

Paulus tidak mengandalkan kapal itu atau si kapten kapal. Ia mengandalkan Tuhan. 

Kapal itu tidak akan bertahan selamanya di tengah laut. Paulus paham benar itu, tetapi Dia tahu janji-janji Allah akan tetap ada untuk selamanya. 

Apakah Anda tengah mencoba bersandar pada sebuah sekoci kecil yang rapuh? Mungkin sekoci itu adalah kepribadian Anda yang cemerlang. Anda percaya bahwa Anda bisa melewati apa pun karena kepribadian Anda yang positif, yang bersinar. Mungkin sekoci itu adalah penampilan Anda. Itu selalu jadi kunci kesuksesan Anda. Anda menganggap bisa bersandar pada penampilan Anda ketika masalah menimpa. Mungkin itu berupa uang Anda. Anda berpikir semua masalah bisa diselesaikan dengan uang. 

Namun semua sekoci kecil itu suatu hari akan hancur. Satu-satunya tempat aman untuk berlindung di tengah badai tepat berada pada kehendak Allah.

Tanya saja pada Paulus.

Kisah Para Rasul 27 diakhiri dengan sebuah keselamatan yang luar biasa — Alkitab mengatakan, "demikianlah mereka semua selamat naik ke darat" (Kisah Para Rasul 27:45).

Janji-janji Allah ditepati — semua orang di dalam kapal itu selamat.

Ketika Anda bersandar pada janji-janji Allah selama badai menghadang, Anda tidak akan menjadi satu-satunya orang yang Ia tolong. 

Tuhan akan menyelamatkan seluruh isi kapal Anda!

Renungkan hal ini: 
- Apa janji-janji Allah yang paling berarti buat Anda selama masa-masa sulit?
- "Sekoci" kecil apa yang selama ini Anda andalkan dalam hidup Anda?
- Pikirkan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa menghapal janji-janji Allah sehingga Anda siap untuk mengingatnya ketika badai penderitaan menimpa hidup Anda. 


Bacaan Alkitab Setahun :
Nehemia 12-13; Kisah Para Rasul 4:23-37


Ketika Anda tidak bisa mengandalkan yang lain, Anda bisa mengandalkan janji-janji Allah.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top