Biarkan Tuhan Mengubah Kesulitan di Pekerjaan Anda Menjadi Kesuksesan

| Selasa, Juni 11, 2019 |
Lukas 5: 6 "Dan setelah mereka melakukannya, mereka menangkap sejumlah besar ikan, sehingga jala mereka mulai koyak."

Jika Anda pernah merasa putus asa dengan pekerjaan Anda, setiap orang pun pernah mengalaminya. Mungkin Anda kelelahan karena terlalu banyak pekerjaan. Mungkin Anda pernah mengerjakan sebuah proyek dengan segenap hati dan jiwa raga Anda, namun itu masih juga gagal. Kita semua pernah menghadapi kesusahan dalam pekerjaan kita. Tetapi apa yang benar-benar penting adalah bagaimana Anda menanggapinya. 

Tanya pada Simon Petrus dan Andreas. 

Lukas 5 memberi tahu kita bahwa kedua bersaudara ini menjala ikan sepanjang malam. Sebagai nelayan profesional, apabila mereka tidak berhasil menangkap ikan, maka mereka tidak mendapat penghasilan apapun. Namun nyatanya dalam Lukas 5 dikatakan mereka tidak menangkap satu ikan pun pada malam itu. Istilahnya dalam bahasa modern, mereka sedang mengalami resesi. Kedua bersaudara ini berkecil hati dan sungguh lelah.

Tetapi kemudian Yesus datang dan melakukan yang tak mungkin. 

Setelah meminjam salah satu perahu mereka dan mengajarkan orang banyak dari atas perahu itu, Yesus menyuruh Simon Petrus "bertolaklah ke tempat yang dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan" (Lukas 5: 4).

Respon yang diberikan Simon Petrus adalah tipikal respon manusia ketika rasa frustrasi muncul: "Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan kami tidak menangkap apa-apa" (lihat Lukas 5: 5). Kita semua pasti juga pernah berada dalam tahap ini. Kita sudah habis-habisan melakukan pekerjaan kita, tapi hasilnya nol. Kita sudah melakukan segalanya dengan benar dan percaya bahwa Tuhan menuntun kita melakukan apa yang sedang kita kerjakan, tapi hasilnya tidak juga kunjung terlihat. 

Kemudian Yesus melakukan sebuah mujizat. Yesus bukan hanya memberikan apa yang dibutuhkan Simon Petrus dan Andreas, tapi Ia juga membuat kedua saudara ini takjub. Alkitab berkata, "Dan setelah mereka melakukannya, mereka menangkap sejumlah besar ikan, sehingga jala mereka mulai koyak" (Lukas 5: 6). Ikan-ikan yang mereka jala bukan hanya cukup buat mereka sendiri, tetapi Tuhan memberikannya dengan melimpah ruah sehingga itu cukup untuk dibagikan kepada yang lain.

Setelah Simon Petrus dan Andreas melakukan apa yang diperintahkan Yesus, mereka menangkap lebih banyak ikan dalam waktu 10 menit dibanding 10 jam yang sudah mereka habiskan sebelumnya. Tuhan mengubah kesulitan menjadi kesuksesan. 

Kesuksesan Anda juga akan akan segera datang,

Baik saat ini Anda sudah menganggur berbulan-bulan atau bertahun-tahun, atau baik Anda telah gagal lima kali berturut-turut, itu tidaklah penting. Mengapa? Sebab Tuhan dapat menyalakan keran berkat lebih deras dibanding keran kegagalan. Dan Anda perlu perahu yang lebih besar untuk menampungnya.

Renungkan hal ini: 
- Bagaimana selama ini Anda melihat Tuhan melakukan mujizat di dalam kehidupan kerja Anda? Melalui mujizat tersebut, menurut Anda apa yang dapat Ia lakukan di masa datang?
- Apa yang paling Anda takuti tentang hal percaya bahwa Tuhan akan melakukan mujizat dalam kehidupan kerja Anda?
- Siapa yang tengah mengalami kesulitan dalam pekerjaan mereka dan perlu membaca renungan hari ini? Buatlah komitmen untuk meneruskan renungan ini kepada orang tersebut. 



Bacaan Alkitab Setahun :
Ezra 1-2; Yohanes 19:23-42


Percayalah pada Tuhan, serahkan segala kekhawatiran Anda padaNya. Tidak ada yang mustahil, Anda dan saya adalah manusia yang penuh kegagalan, namun Tuhan mampu mengubahnya menjadi keberhasilan dalam sekejap mata.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top