Jika Anda Ingin Tumbuh, Kadang Anda Harus Berkata Tidak

| Jumat, Juni 28, 2019 |
Ibrani 12: 1 "Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita."

Kata paling penting yang harus diingat sepanjang perjalanan spiritual Anda mungkin mengejutkan Anda: "tidak."

Perjalanan spiritual Anda sangat panjang. Terlalu banyak orang yang memulainya dengan baik, tetapi kemudian berhenti sebelum mencapai garis finish. Tuhan ingin Anda menyelesaikannya.

Ada perlombaan maraton di dalam hidup Anda, dan Anda tidak bisa berlari sambil membawa barbel. Seringkali orang berhenti melanjutkan perjalanan iman mereka terlalu cepat karena segala hal yang mereka bawa hanya membuat mereka lelah. 

Kita perlu membuat prioritas. 

Sebuah kapal pesiar bisa berjalan sangat cepat di tengah-tengah laut. Tapi jika Anda menambah seratus sekoci, maka itu akan semakin melambat. 

Jika Anda menggunakan sebuah baterai untuk menyalakan satu bola lampu, maka lampu itu akan menyala lama. Jika Anda menggunakannya pada 15 bola lampu, maka baterai itu akan cepat habis. Jika Anda menggunakannya pada 100 bola lampu, maka baterai itu bahkan akan habis lebih cepat. 

Itulah yang terjadi pada kita ketika kita mencoba melakukan terlalu banyak hal. Kita perlu belajar untuk berkata "tidak" pada beberapa hal yang baik, karena itu akan menahan kita untuk melakukan yang terbaik. 

Ibrani 12: 1 mengatakan, "Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita." Beban yang kita bawa itu tidak buruk. Itu juga bukan dosa. Hanya saja, itu tidak penting. Beban itu bisa jadi pekerjaan, hubungan, atau hobi Anda. Itu sesuatu yang memperlambat Anda untuk melaksanakan apa yang Tuhan mau Anda lakukan dalam hidup Anda. Itu sungguh sesuatu yang tidak ada manfaatnya. 

Renungkan hal ini:
- Apa saja beban yang memperlambat Anda saat ini? Apa saja hal baik yang Anda kerjakan yang mungkin dapat menjauhkan Anda dari berkat Tuhan yang telah Ia persiapkan buat Anda? 
- Menurut Anda mengapa kita merasa sangat terbebani untuk berkata "ya" untuk semua hal yang terjadi dalam hidup kita? 
- Coba ucapkan "tidak" untuk satu hal di minggu ini yang biasanya Anda setujui. Apa bedanya?



Bacaan Alkitab Setahun :
Ayub 11-13; Kisah Para Rasul 9:1-21


Prioritaskan apa yang menjadi kehendak Tuhan, tinggalkan hal lain yang membebani dibelakang Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top