Dorongan dari Surga Untuk Terus Maju

| Sabtu, Juni 29, 2019 |
Ibrani 12: 1 "Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita."

Apa yang Anda lakukan ketika merasa ingin menyerah? Setiap orang pasti memiliki momen dimana mereka bergumul dengan masalah— mungkin masalah kesehatan, masalah hubungan, masalah keuangan, atau bahkan depresi — dan karena mereka tidak bisa melihat setitik cahaya, mereka pun kemudian mulai bertanya-tanya apakah mereka punya kekuatan untuk terus maju atau tidak. 

Apabila Anda mendapati diri Anda berada di titik tersebut hari ini, saya ingin memberi Anda sebuah dorongan yang terambil dari Ibrani 12 yang akan membuat Anda punya satu alasan kuat untuk tidak menyerah, dan terus maju. 

Ibrani 11 merupakan "pasal tentang iman" yang memberitahu kita tentang orang-orang yang hidup dengan iman mereka yang luar biasa — Abraham, Musa, Daud, dan banyak lainnya. Kisah-kisah mereka adalah sumber penyemangat buat kita semua. Tetapi yang saya ingin fokuskan ialah ayat pertama dari pasal selanjutnya. Ibrani 12: 1a mengatakan, "Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita,"

Yang Paulus ingin katakan di sini ialah agar Anda tidak boleh menyerah karena surga sedang memperhatikan Anda dan sedang bersorak untuk Anda. Itu sungguh kabar sukacita!

Anda punya satu penonton. Tidak ada satu pun yang pernah Anda lakukan yang tidak diketahui surga! Allah melihat semuanya! Seperti yang dikatakan Ayub, "Bukankah Allah yang mengamat-amati jalanku dan menghitung segala langkahku?" (Ayub 31: 4). Dan Yesus memberi tahu kita, "Bahkan rambut kepalamupun terhitung semuanya. Karena itu jangan takut, karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung pipit" (Lukas 12: 7). Allah tahu setiap detil hidup Anda. Dia peduli dengan setiap tarikan napas Anda. Tidak ada rahasia antara Anda dan Dia. 

Dan bukan hanya Tuhan yang sedang memperhatikan Anda, ada Abraham, Yakub, Musa, dan juga semua orang kudus lainnya di surga.

Bukankah itu memberikan Anda semangat? Ketika Anda mulai berkecil hati, ingatlah bahwa mereka yang telah terlebih dahulu melewati keadaan yang lebih buruk dari Anda sedang memperhatikan bagaimana baiknya Anda bertahan dari surga.

Ketika Anda merasa hendak menyerah, ingatlah orang-orang yang telah pergi sebelum Anda tengah memberikan Anda dorongan melalui kisah-kisah iman mereka.

Renungkan hal ini: 
- Mengapa penting buat kita untuk mengetahui kisah-kisah orang beriman di dalam Alkitab?
- Menurut Anda apa yang Tuhan mau Anda lakukan dengan hidup Anda di bumi ini? Mengapa Dia ingin Anda bertahan? 
- Apa saja sumber dorongan lain yang bisa Anda temukan dari Firman Allah?


Bacaan Alkitab Setahun :
Ayub 14-16; Kisah Para Rasul 9:22-43


Anda tidak sendiri.
Jangan terus menyalahkan keadaan, orang lain dan bahkan menyalahkan Tuhan. Jangan lampiaskan amarah Anda membabi buta karena kekesalan Anda atas kondisi yang tidak berjalan seperti yang Anda inginkan.

Ingat, Anda tidak sendiri. 
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top