Kesukaran Tidak Dapat Menghalangi Tujuan Tuhan

| Senin, Juni 17, 2019 |
Kisah Para Rasul 27:24 "Dan ia berkata: Jangan takut, Paulus! Engkau harus menghadap Kaisar; dan sesungguhnya oleh karunia Allah, maka semua orang yang ada bersama-sama dengan engkau di kapal ini akan selamat karena engkau."

Terkadang kesulitan muncul akibat dari tindakan atau pilihan Anda sendiri. Anda membuat kesalahan. Anda melakukan sesuatu yang menyakiti orang lain. Anda tidak taat pada Tuhan. 

Dan sekarang Anda menghadapi badai bencana karenanya.

Tetapi sering kali, badai yang kita hadapi dalam hidup bukan karena sesuatu yang kita perbuat, melainkan karena keputusan buruk orang lain — atau bahkan karena dosa mereka.

Kisah Para Rasul 27 memberi kita satu contoh dramatis tentang penderitaan dikarenakan keputusan dari orang lain. Paulus diadili atas kejahatan yang tidak pernah dilakukannya. Dia seorang warga negara Romawi, maka dia punya kesempatan untuk naik banding ke Kaisar atas kasus pelanggaran berat yang dituduhkan kepadanya. 

Dalam perjalanannya ke Roma dengan kapal tahanan, Paulus memberi tahu tahanan lainnya dan perwira Kaisar bahwa bencana akan segera datang. Tetapi tidak ada yang mendengarkan dia, dan benar saja, tidak butuh waktu lama sebelum akhirnya mereka menghantam badai yang mengerikan. Tetapi itu bukan berarti badai menghalangi tujuan Allah untuk Paulus — dan badai pun juga tak akan mengalihkan rancangan Allah atas Anda.

Rancangan Allah buat hidup Anda lebih besar dibanding kesulitan yang pernah Anda alami. Satu malaikat memberi tahu Paulus hal ini dalam Kisah Para Rasul 27:24: "Jangan takut, Paulus! Engkau harus menghadap Kaisar; dan sesungguhnya oleh karunia Allah, maka semua orang yang ada bersama-sama dengan engkau di kapal ini akan selamat karena engkau." Terlepas dari kesukaran yang ia hadapi, malaikat itu memberi tahu Paulus bahwa suatu hari ia akan berdiri di hadapan Kaisar dan bersaksi tentang imannya. Rencana Tuhan tak akan pernah digagalkan oleh apapun. 

Tuhan tidak butuh rencana B atas hidup Anda. Ketika kita terbentur oleh kesulitan—baik itu karena kesalahan Anda sendiri atau orang lain — bukan berarti Tuhan tidak menolong Anda di sepanjang hidup Anda. Ketika bencana melanda, itu adalah bagian dari rancangan besar Allah. 

Ketika keputusan orang lain menjungkirbalikkan hidup Anda, Dia akan menggunakannya untuk kemuliaan-Nya. Ketika kesalahan orang lain menempatkan Anda ke dalam situasi sulit, Tuhan tetap akan menolong Anda. 

Ketika Anda merasa seolah-olah telah kehilangan segalanya, Tuhan melakukan yang luar biasa melalui Anda, sehingga Anda dapat melakukan yang mustahil.

Renungkan hal ini: 
- Apa pengalaman di dalam hidup Anda ketika seseorang mengakibatkan kesukaran buat Anda?
- Bagaimana selama ini Anda melihat Allah telah berhasil mengerjakan rancangan-Nya di tengah badai hidup Anda?
- Mengapa terkadang sulit bagi kita untuk memahami bagaimana Allah bekerja di masa-masa sulit kita?


Bacaan Alkitab Setahun :
Nehemia 7-9; Kisah Para Rasul 3


Anda tidak dapat menghalangi rancangan Tuhan. Tak akan ada yang bisa.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top