Yesus Datang Bagi Orang Yang Patah Hati

| Minggu, Juni 23, 2019 |
Lukas 4:18 "Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku."

Apakah ada yang tahu asal-usul frasa "patah hati"?

Itu berasal dari Alkitab dan sudah dipakai ratusan tahun lamanya. Dalam Mazmur 69:20, Daud menulis, "Cela itu telah mematahkan hatiku, dan aku putus asa; aku menantikan belas kasihan, tetapi sia-sia, menantikan penghibur-penghibur, tetapi tidak kudapati."

Daud menulis mazmur ini berabad-abad lalu, namun para dokter mengatakan itu sebuah gangguan kesehatan. Ketika Anda menghadapi satu peristiwa traumatis, otak Anda akan melepaskan zat kimia untuk mengatasinya, dan beberapa zat kimia itu sebenarnya melemahkan jaringan jantung. Inilah yang disebut sindrom patah hati.

Apa yang menyebabkan patah hati? Berikut ini beberapa diantaranya:
- Kita kecewa karena banyak yang tidak berjalan sesuai rencana kita.
- Kita ditolak oleh seseorang yang kita cintai atau seseorang yang kita pikir mencintai kita. 
- Kita benci orang lain karena kita masih menyimpan luka masa lalu kita. 

Tapi ada satu kabar baik. Apa pun yang jadi penyebab patah hati Anda atau bagaimana Anda mendapatkannya; Yesus dapat membantu Anda. Bahkan, dalam khotbah-Nya yang pertama, Yesus mengatakan itulah salah satu alasan Dia datang ke dunia. 

Entah apakah Anda pernah berkecil hati oleh kekecewaan, penolakan, atau kebencian, Yesus telah datang untuk menyembuhkan hati Anda.

Yesus berkata tentang Allah Bapa, "Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku" (Lukas 4:18).

Apabila Anda terluka, ketahuilah Tuhan ingin menolong Anda. Alkitab berkata dalam Mazmur 147: 3, "Ia menyembuhkan orang-orang yang patah hati dan membalut luka-luka mereka;"

Renungkan hal ini: 
- Ketika Anda merenungkan tiga penyebab patah hati yang disebutkan dalam renungan hari ini, mana yang paling bisa membuat Anda patah hati— mengapa?
- Bagaimana Anda memandang kebenaran bahwa Tuhan menyembuhkan mereka yang hatinya terluka? 
- Apa sajakah cara yang Tuhan pakai untuk memakai Anda membantu orang lain untuk sembuh dari patah hati?



Bacaan Alkitab Setahun :
Ester 9-10; Kisah Para Rasul 7:1-21


Anda tak akan pernah lebih dekat dengan Tuhan selain ketika Anda terluka. Dia ada di sana untuk membantu Anda. 
Apakah Anda mengizinkan-Nya?
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top