Peduli Dengan Kebutuhan Orang Lain

| Senin, Oktober 21, 2019 |
Peduli Dengan Kebutuhan Orang Lain

Filipi 2: 4 "Dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga."

Titik awal dari segala kebahagiaan ialah ketika Anda mengalihkan fokus Anda dari diri Anda sendiri kepada orang lain. Jika Anda hanya memikirkan diri sendiri, maka Anda akan jadi orang yang sangat menyedihkan. Jika Anda benar-benar ingin bahagia dalam hidup, Anda harus peduli dengan apa yang diperlukan orang-orang di sekitar Anda.

Paulus menyebut Timotius sebagai contoh dalam hal ini. Dalam Filipi 2: 20-21 dikatakan: "Karena tak ada seorang padaku, yang sehati dan sepikir dengan dia dan yang begitu bersungguh-sungguh memperhatikan kepentinganmu; sebab semuanya mencari kepentingannya sendiri, bukan kepentingan Kristus Yesus."

Kebanyakan orang tidak bangun di pagi hari dan menghabiskan energi mereka untuk memikirkan bagaimana keadaan orang lain saat itu. Kebanyakan orang hanya mempedulikan masalah mereka sendiri. Dan itulah sebabnya kebanyakan orang tidak bahagia dengan hidup mereka!

Jika Anda ingin menjadi salah satu dari orang-orang yang tidak mementingkan diri mereka sendiri, maka ubahlah fokus Anda. Anda harus mengalihkan fokus Anda dari diri sendiri kepada orang lain. Tentu ini bukan sesuatu yang terjadi secara natural, Anda harus belajar melakukannya!

Sering kali saya melewatkan kebutuhan orang-orang terkasih di sekitar saya karena saya tidak memperhatikan mereka. Saya tidak tertarik pada mereka. Saya tidak mengalihkan fokus saya dari diri saya sendiri kepada mereka. Karena saya tidak melihat apa yang mereka butuhkan, maka saya kehilangan kesempatan untuk membantu. Dan itu sangat membuat saya sedih.

Alih-alih bersedih karena kehilangan kesempatan itu, akan lebih baik jika kita mulai mengubah titik perhatian kita, dari diri sendiri kepada kebutuhan orang lain. Sebab di situlah Anda akan menemukan kebahagiaan lewat melayani Tuhan dengan cara melayani orang lain.

Renungkan hal ini:
- Gangguan-gangguan apa yang membuat Anda tidak fokus melihat kebutuhan orang lain?
- Manfaat apa yang sudah Anda dapatkan dari peduli dengan orang lain dalam membantu Anda memenuhi apa yang Anda butuhkan?
- Kebutuhan-kebutuhan apa yang Anda lewatkan dalam kehidupan seseorang karena Anda terlalu sibuk atau terlalu fokus pada masalah Anda sendiri? Apa yang bisa Anda lakukan hari ini untuk mengalihkan perhatian Anda untuk membantu orang tersebut?


Bacaan Alkitab Setahun :
Yeremia 29-33; I Tesalonika 4 : 13-18


Anda akan menemukan kepuasan jiwa yang berbeda dalam melayani.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top