Anak-Anak Anda Butuh Anda Untuk Menjadi Penyemangat Mereka

| Sabtu, November 09, 2019 |

1 Korintus 13: 7 "Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu."

Dunia ini begitu negatif, sehingga yang anak-anak Anda dapatkan sesampainya di rumah malah hal-hal yang lebih negatif. Kolose 3:21 mengatakan, "Hai bapa-bapa, janganlah sakiti hati anakmu, supaya jangan tawar hatinya."

Apakah Anda orang tua yang sulit puas? Jika anak-anak Anda mendapatkan nilai C, apakah Anda ingin nilai B? Lalu apakah Anda ingin nilai A saat mereka mendapatkan nilai B? Apakah Anda benar-benar ingin mereka menjadi seperti yang dikatakan Alkitab? Menjadi anak-anak yang tawar hati?

Jadi bagaimana caranya membesarkan anak-anak yang percaya diri? Alkitab berkata dalam 1 Korintus 13: 7, "Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu." Bila Anda ingin membesarkan anak-anak yang percaya diri, Anda harus membangun mereka, bukan merobohkan mereka. Anda harus memberi lebih banyak sorakan ketimbang cemoohan.

Banyak orang tua berpikir, "Jika saya memberikan yang positif sama banyaknya dengan yang negatif, maka itu akan baik-baik saja." Tidak! Anda perlu memberikan sekitar 10 pujian untuk setiap satu hal negatif yang Anda berikan. Mengapa? Sebab yang negatiflah yang akan Anda ingat. Jika Anda mendapat 10 pujian dan satu kritikan, mana yang akan Anda ingat setibanya di rumah? Jika saya mendapatkan 10 kartu yang bertuliskan, "Khotbah Anda benar-benar banyak membantu saya" dan satu kartu bertuliskan, "Anda aneh!" Menurut Anda mana yang paling terngiang-ngiang di kepala saya?

Anda harus sangat menekankan hal yang positif. Mengapa? Sebab bagaimana pun juga Anda pasti akan melakukan yang negatif.

Semua anak butuh seseorang yang mendukung mereka, seseorang yang menjadi pemandu sorak mereka, dan yang percaya pada mereka dan berkata, "Ayah yakin kamu bisa melakukannya. Ayah percaya padamu. Buat ayah, kamu anak yang hebat. Kamu yang terbaik. Ayo, terus maju! Ayah ada di belakangmu. Ayah yakin kamu akan berhasil." Anak-anak membutuhkan kepercayaan diri yang hanya bisa diberikan oleh orang tua mereka saja.

Renungkan hal ini:
- Bagaimana Anda secara konsisten membangun anak-anak Anda? Dengan kata-kata? Dengan tindakan?
- Apa saja ungkapan yang paling lazim Anda gunakan kepada anak Anda? Berapa banyak yang positif? Berapa banyak yang negatif?
- Menurut Anda siapa yang anak-anak Anda jadikan sebagai pemandu sorak nomor satu mereka, dan mengapa?


Bacaan Alkitab Setahun :
Daniel 1-3; Titus 2-3


Orang tua yang sulit puas menghasilkan anak-anak yang tidak percaya diri.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top