Anak-Anak Anda Butuh Belas Kasih Anda

| Rabu, November 06, 2019 |
Anak-Anak Anda Butuh Belas Kasih Anda

1 Yohanes 4: 7 "Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah."

Jika Anda ingin tahu bagaimana caranya menjadi orang tua yang baik dan membangun keluarga yang kuat, Anda tak perlu mencarinya di internet atau pergi ke toko buku. Tak usah cari jauh-jauh, temukanlah di kitab paling hebat yang pernah ada tentang pengasuhan anak: Firman Tuhan, Alkitab.

Alkitab berkata dalam 1 Yohanes 4: 7, "Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah." Lebih dari apa pun, anak-anak membutuhkan cinta kasih yang teguh dan tanpa syarat. Harus ada suatu tempat di mana mereka diterima — termasuk kekurangan dan keburukan mereka.

Apa yang dimaksud dengan belas kasih? Belas kasih adalah kombinasi dari kasih dan pengertian.

Kasih itu tidak wajar. Anda harus belajar mengasihi. Anda mempelajarinya dengan melatihnya, mempraktekkannya. Adakah tempat yang lebih baik untuk belajar berbelas kasih selain dengan orang-orang yang hidup dengan Anda seumur hidup Anda? Jika Anda bisa belajar mengasihi keluarga Anda, tentunya Anda bisa mengasihi siapa pun. Mengapa? Karena mudah untuk mengasihi orang yang berjauhan dengan Anda, tetapi ketika Anda bersama-sama dengan mereka setiap saat, Anda tidak selalu rukun. Ketika Anda menerapkan kasih di dalam keluarga Anda, artinya Anda belajar untuk mengasihi dengan sungguh-sungguh.

Sering kali kita mengasihi anak-anak kita, tetapi kita tidak mengekspresikannya dengan cara yang dapat mereka pahami. Anak-anak memahami cinta kasih dengan tiga cara: kasih sayang, afirmasi, dan perhatian.

1. Kasih sayang. Anak-anak membutuhkan banyak pelukan, sentuhan, dan ciuman. Mereka perlu merasakan cinta Anda.

2. Afirmasi. Anda perlu memberi tahu anak-anak Anda setiap hari — lebih dari sekali sehari — betapa Anda mengasihi mereka. Tegaskan, berikan pengakuan, dan doronglah mereka dengan cinta kasih.

3. Perhatian. Salah satu anugerah terbesar yang dapat Anda berikan kepada orang lain ialah dengan mendengarkan mereka. Ketika Anda melihat anak-anak di level mereka, Anda seolah berkata, "Kamu penting buat ibu. Kamu penting buat ayah. Ayah dan ibu ingin kamu mendengar apa yang harus kamu dengar." Saat Anda melakukan ini, Anda menunjukkan belas kasih.

Renungkan hal ini:
- Dalam hal apa saja Anda melihat anak-anak Anda mengekspresikan dan menerima kasih Anda?
- Rutinitas atau kebiasaan apa yang dapat Anda latih sehingga Anda dapat menunjukkan kasih sayang, afirmasi, dan perhatian Anda pada anak-anak Anda setiap hari?
- Jika Anda tidak mempunyai anak, apa tanggung jawab Anda terhadap anak-anak dalam hidup Anda, seperti keponakan, tetangga, atau anak-anak teman Anda?



Bacaan Alkitab Setahun :
Yehezkiel 35 - 39; II Timotius 4: 1-8


Belas kasih adalah tempat di mana Anda tahu segalanya tentang seseorang baik kebaikan maupun segala keburukannya, tapi Anda tetap mengasihi orang tersebut.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top