Menabunglah Untuk Hari Esok Agar Anda Tidak Hanya Hidup Untuk Hari Ini

| Jumat, Januari 24, 2020 |

Amsal 21:20 "Harta yang indah dan minyak ada di kediaman orang bijak, tetapi orang yang bebal memboroskannya."

John D. Rockefeller adalah orang terkaya di masanya. Dia menjadi terkenal karena telah ditanya berkali-kali tentang kunci kekayaannya. Jawabannya dikenal sebagai prinsip 10-10-80. Dia memberi tahu orang-orang bahwa Dia mendapatkan kekayaannya dengan memberikan 10 persen pertama dari setiap penghasilannya untuk Tuhan. Sepuluh persen kedua ditabung, dan menggunakan sisa 80 persennya untuk menjalani hidup sehari-hari.

Amsal 21:20 mengatakan, "Harta yang indah dan minyak ada di kediaman orang bijak, tetapi orang yang bebal memboroskannya."

Menabung adalah cara Tuhan untuk menguji apakah Anda akan bertanggung jawab dengan apa yang telah Dia berikan kepada Anda. Jika sekarang Anda menabung untuk masa depan, itu cerdas. Jika Anda tidak menabung sama sekali, itu konyol. Tuhan ingin Anda memberi persepuluhan, lalu Dia ingin Anda menabung untuk hari esok.

Mungkin Anda berpikir tidak bisa hidup dengan 80 persen dari penghasilan Anda, tapi itu artinya saat ini Anda hidup di luar kemampuan Anda. Anda tidak mengelola uang Anda dengan baik. Anda menghabiskan lebih banyak dari pendapatan Anda. Ingatlah, ini ujian. Bukankah Anda mau Tuhan mendapati Anda setia dengan uang Anda?

Prinsip 10-10-80 adalah kebalikan dari apa yang diajarkan budaya kita. Budaya kita mengajarkan untuk melunasi semua tagihan kita terlebih dahulu — tapi kemudian kita tak punya uang untuk menabung dan memberi persepuluhan. Tuhan berkata, "Berikan kepada-Ku dulu, lalu berikan untuk dirimu (tabungan), setelah itu bayar semua tagihanmu." Itulah urutan yang diberkati Tuhan.

Jika saat ini Anda tidak menabung apa pun, Anda punya mentalitas "hidup untuk hari ini." Anda berpikir, "Saya punya ini sekarang, jadi saya akan menghabiskannya hari ini juga. Lupakan hari esok!"

Tuhan bukan hanya mau Anda memikirkan tentang hari esok. Dia ingin Anda merencanakan hari esok agar Anda punya cukup uang untuk melakukan apa yang Ia ingin Anda kerjakan. Adalah keputusan cerdas bila hari ini Anda menunda membeli sesuatu jika hal itu memampukan Anda untuk menjalani tujuan hidup Anda dengan lebih baik esok hari

Anda bisa melakukannya! Menabung adalah disiplin spiritual, dan Tuhan akan memberi Anda segala karunia yang Anda perlukan untuk melangkah, walaupun sulit sekali pun.

Jangan hidup hanya untuk hari ini. Belajarlah untuk berusaha keras menabung sebagian uang Anda untuk masa depan. Ini cara yang Tuhan kehendaki. Jika Anda mengabaikan prinsip-prinsip Tuhan ini, Anda hanya akan membuat diri Anda stres.

Ketika Anda melakukannya dengan cara Tuhan, maka itu akan selalu berhasil.

Renungkan hal ini:
- Apa yang membuat Anda tidak bisa menghemat sebagian dari penghasilan Anda?
- Menyangkut keuangan Anda, dalam hal apa saja Anda menerapkan mentalitas "hidup untuk hari ini"?
- Bagaimana selama ini Anda melihat Allah memenuhi apa yang Anda butuhkan ketika Anda memuliakan-Nya dengan hasil pertama dari setiap penghasilan Anda, menabung, lalu membelanjakan uang Anda?



Bacaan Alkitab Setahun :
Keluaran 9-11; Matius 15:21-39


Menabung adalah salah satu cara Allah menguji Anda dalam hal keuangan.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top