Doa Syukur Membawa Damai Sejahtera

| Senin, Agustus 03, 2020 |

Filipi 4: 6-7 "Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus."

Tidak mudah untuk berhenti mengkhawatirkan bagian-bagian kehidupan kita yang seringkali menakutkan, tetapi Tuhan memberitahu kita caranya: "Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur" (Filipi 4: 6). Doa syukur mendatangkan damai sejahtera. Tuhan berkata bahwa ketika Anda mulai khawatir, mulailah berdoa.

Orang tua mengerti kekuatan dari rasa syukur. Kebanyakan orang tua tidak akan menghargai anak-anak mereka yang selalu meminta tanpa mengucapkan "terima kasih" buat apa yang telah mereka terima. Tuhan melihat itu dengan cara yang sama. Dia ingin kita meminta kepada-Nya apapun yang kita butuhkan dan inginkan. Lebih dari 20 kali dalam Perjanjian Baru, kita disuruh untuk "meminta" kepada-Nya. Namun, Dia ingin kita memintanya dengan rasa syukur.

Alkitab mendorong kita untuk lebih spesifik dalam permintaan kita -- dan puji-pujian kita. Alih-alih mengucapkan "terima kasih atas segalanya," Dia ingin kita memberi tahu apa yang kita syukuri. Ketika saya berkata kepada istri saya, "Aku sangat bersyukur padamu," dia mengatakan kepada saya untuk lebih spesifik. Dia suka mendengar apa yang saya hargai tentangnya dan apa yang saya syukuri tentangnya.

Tuhan ingin mendengar hal yang sama. Jadi, ketika Anda berdoa, beri tahu Tuhan apa yang Anda syukuri.

Terlebih dahulu mengucap syukur kepada Tuhan merupakan sebuah langkah besar iman. Alkitab mengatakan bahwa ketika kita beriman dan bersyukur kepada Tuhan terlebih dahulu atas jawaban doa kita, maka mujizat akan terjadi. Semakin kita bersyukur, semakin Allah bekerja dalam hidup kita.

Alkitab mengatakan bahwa Allah menghargai puji-pujian dari umat-Nya. Dia menggunakan ucapan syukur kita sebagai alat kekuatan dalam kehidupan kita.

Renungkan hal ini:
- Mengapa rasa syukur begitu penting buat kehidupan rohani kita?
- Secara sespesifik mungkin, apa alasan Anda berterima kasih kepada Tuhan? Luangkan waktu di dalam doa, bersyukurlah kepada Tuhan untuk hal-hal itu.
- Bagaimana Anda percaya bahwa Tuhan akan memberkati Anda di masa depan? Bersyukurlah kepada Tuhan untuk hal-hal itu -- bahkan sebelum itu terjadi.


Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 63-65; Roma 6


Doa adalah salah satu cara terpenting bagi kita untuk berkata kepada Tuhan "terima kasih."
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top